Punya 8 Gerbang Keluar, Tol Brebes-Weleri Siap Untuk Jalur Mudik

Housing-Estate.com, Jakarta - Pemerintah kembali menjanjikan kesiapan jalur mudik Lebaran 2017. Kondisinya diklaim akan lebih baik dari tahun sebelumnya. Optimisme itu disebabkan jalan tol dan jalan nasional ...

  • propertidata
  • 2017.06.06
  • 980

    view

  • Punya 8 Gerbang Keluar, Tol Brebes-Weleri Siap Untuk Jalur Mudik

    Housing-Estate.com, Jakarta - Pemerintah kembali menjanjikan kesiapan jalur mudik Lebaran 2017. Kondisinya diklaim akan lebih baik dari tahun sebelumnya. Optimisme itu disebabkan jalan tol dan jalan nasional kondisinya cukup baik.

    “Untuk Pulau Jawa jalan tol masih akan jadi primadona dan kami telah menyiapkan jalur mudik lain di jalan nasional jalur selatan. Begitu juga kondisi jalan tol dan jalan nasional di Sumatera, Kalimantan, Bali, dan Sulawesi, seluruhnya dalam kondisi mantap saat H-10 Lebaran,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono di Jakarta, Selasa (6/6).

    Untuk menghindari penumpukan kendaraan di exit tol Brebes Timur (Brexit) seperti pada Lebaran tahun lalu, Kemenpupera memfungsikan jalan tol dari Brebes Timur hingga Weleri sepanjang 110 km. Ruas jalan tol lainnya yang bisa fungsional yaitu dari Semarang hingga Surabaya sepanjang 245 km dan 4 ruas jalan tol di Sumatera sepanjang 65 km.

    Dengan berfungsinya jalan tol Brebes Timur-Weleri pemudik sudah melewati beberapa kota sehingga simpul kemacetan di wilayah Brebes, Tegal, Pekalongan, hingga Batang akan lebih terurai. Jalan tol yang difungsikan dari Brebes Timur-Weleri ini diperkeras menggunakan beton lapis (lean concrete) dan bisa dilalui kendaraan dengan kecepatan 40-60 km.

    Sepanjang jalan tol ini ada 8 pintu keluar (exit tol) di Ujung Rusi, Karang Jati, Warureja (Tegal), Sewaka, Beji (Pemalang), Bojong (Pekalongan), Kandeman (Batang), dan Gringsing (Kendal atau Weleri). Basuki juga mengintruksikan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional VII agar segera melakukan perbaikan yang bersifat darurat sehingga seluruh ruas jalan ini bisa dilalui untuk arus mudik.

    Jalan tol yang akan difungsikan ini lebarnya 7 m dan diberlakukan satu arah. Jalan tol dari Semarang – Surabaya yang difungsikan ruas Salatiga-Kartosuro, Widodaren-Klitik (Ngawi), Gunungan (Magetan)-Sawahan (Nganjuk), Kedungjati (Grobogan)-Purworejo, dan Wilangan (Nganjuk)-Kertosono.

    Untuk jalur selatan juga telah dilakukan berbagai persiapan. Dari ruas Cilacap-Yogyakarta kondisinya disebut mantap, demikian juga Prupuk, Purwokerto dan Banyuputih-Parakan. Sementara untuk 65 km jalan tol Trans Sumatera yang difungsikan yaitu tol Bakaheuni-Terbanggi Besar di segmen Lematang-Kotabaru (5 km), Palembang-Indralaya di ruas Palembang-Pamulutan (7 km), Medan-Binjai ruas Helvetia-Binjai (10 km), dan Medan-Kualanamu di ruas Parakan-Kualanamu (7 km) dan Pabarakan-Sei Rempah (36 km).

    “Dalam waktu dekat akan saya tinjau kembali kesiapan jalan tol yang bisa fungsional khususnya di jalur pintu keluar. Begitu juga jalan alternatif yang menjadi kewenangan provinsi/kabupaten/kota akan didukung dana APBN. Di beberapa titik kami juga menyiapkan posko dengan alat berat untuk antisipasi longsor,” pungkas Basuki.

    housing-estate.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci