Bank Indonesia Bilang, Harga Rumah Naik Kurang Dari 3%

Big Banner

Melemahnya perekonomian Indonesia membuat hampir setiap bagian mengalami kenaikan harga, salah satunya adalah sektor properti. Belum lama ini Bank Indonesia memaparkan hasil survei, bahwa dalam bidang properti, kenaikan harga rumah tipe kecil lebih tinggi dibanding tipe menengah dan besar. Survei yang diselenggarakan oleh BI ditujukan kepada 50 perusahaan pengembang utama di Jabodetabek, serta 441 pengembang yang tersebar di 15 kota di Indonesia.

Survei Harga Properti Residensial ini menunjukan kenaikan indeks harga rumah tipe kecil dari kuartal I 2015 sebesar 1,98% menjadi 2,6% pada kuartal II. Untuk rumah ukuran besar rumah mengalami kenaikan sebesar, 0,70%, lebih rendah dibandingkan posisi kuartal sebelumnya sebesar 1,11%. Demikian pula halnya dengan tipe rumah menengah, kenaikan harga melambat dari 1,22% pada kuartal I menjadi 0,85% pada kuartal II.

Pada awal tahun, rumah tipe kecil memang mencatatkan pertumbuhan yang lebih tinggi dibandingkan rumah tipe menengah dan besar. Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia Peter Jacobs memperkirakan bahwa dipenghujung tahun 2015 harga properti residensial naik pada kuartal pertama tahun ini. Indeks harga properti residensial secara kuartalan masih naik 0,89%. Meski kenaikannya melambat daripada kuartal keempat tahun lalu yang tercatat 1,54%. (Foto: Ferdinand Lamak)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me