Contohlah Mega! Punya Rumah Dulu, Baru Punya Suami

Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStockGak semua milenial susah diajak beli rumah, contohnya Mega Dahlia (25). Pramugari sebuah maskapai penerbangan nasional ini sudah membeli rumah atas kesadaran sendiri.Untuk ...

  • propertidata
  • 2017.06.08
  • 197

    view

  • Contohlah Mega! Punya Rumah Dulu, Baru Punya Suami





    Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

    Gak semua milenial susah diajak beli rumah, contohnya Mega Dahlia (25). Pramugari sebuah maskapai penerbangan nasional ini sudah membeli rumah atas kesadaran sendiri.

    Untuk uang muka (DP) rumah, Mega menyisihkan pendapatannya dengan cara yang dia jamin nggak bakal kepake untuk belanja. “Dulu aku nabung 30 persen dari pendapatan dan ditabungnya nggak menggunakan ATM,” katanya berbagi pengalaman kepada Rumah123.

    Berapa banyak dari pendapatan yang harus ditabung? “Tergantung jam terbang, semakin banyak terbang ya semakin banyak yang aku tabung. Itu belum termasuk bonus,” kata Mega.

    Baca juga: "Milenial Jangan Lama-Lama Tinggal di Rumah Orangtua!"

    Rumah yang berada di Pamogan, Bali, dibeli oleh cewek berparas cantik ini setelah dia mengumpulkan uang muka selama dua tahun (2014-2015). Awalnya, dia ingin membeli rumah sebagai investasi saja. Namun, ternyata rumah tersebut kini dia tempati bersama sang suami.

    “Aku baru satu tahun menikah. Sebelum menikah, aku bayarnya pakai uangku sendiri yang aku sisihkan. Jadi, punya rumah dulu baru deh bersuami,” ucapnya.

    Meski tak mau menyebutkan dengan pasti berapa besar penghasilannya, cewek asal Banten ini sebenarnya sih suka konsumtif juga. Dia sering beli sepatu dan tas yang disukainya. Namun, untungnya dia gak keterusan punya gaya hidup seperti itu.

    Baca juga: Di Usia 25 Tahun, Si Milenial Berhasil Punya Rumah Besar di Tengah Kota

    “Selama ini uangnya memang kepake beli sepatu dan tas mulu. Makanya akhirnya aku niat pengen beli rumah, meski awalnya memang buat investasi sih. Waktu itu nyari-nyari rumah di situs properti, di rumah123.com salah satunya,” tutur Mega.

    Dia lantas sadar memang lebih baik uangnya digunakan untuk berinvestasi properti ketimbang belanja-belanja yang tak ada habisnya. Apalagi harga properti tiap tahun disadarinya terus naik.

    “Dulu aku pengen beli rumah karena pengen punya investasi di Bali. Soalnya harga rumah gila-gilaan naiknya di sini,” ucapnya lagi.

    Baca juga: Milenial, Belum Punya Rumah Sendiri? Jangan-Jangan Penyebabnya Adalah...

    Dengan harga beli Rp875 juta, Mega tiap bulan mencicil sebanyak Rp6,7 juta. Setelah menikah, tenor pembayaran yang kini masih tersisa 15 tahun lagi bukan lagi jadi tanggungannya seorang diri. Suaminyalah yang menanggungnya.

    “Sekarang aku kan udah nikah, jadi suami yang take over pembayaran cicilan rumahnya,” katanya.

    Emang gak ada alasan orang muda gak bisa beli rumah. Saat ini banyak yang mendukung orang muda bisa punya rumah. Tak sedikit lho pengembang yang memberi kemudahan dan keringanan agar milenial bisa beli properti.

    Begitu pula pihak perbankan. Ada fasilitas kredit pemilikan rumah/apartemen (KPR/KPA). Bahkan, ada bank yang memberikan masa cicilan hingga 20 tahun untuk para milenial. Jadi, kamu masih gak tergerak untuk punya rumah sendiri?

     rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci