Tol Bawen – Salatiga Difungsikan H-10

Housing-Estate.com, Jakarta - Pemerintah terus ngebut membereskan pekerjaan beberapa ruas jalan tol Trans Jawa agar dapat difungsikan untuk mudik Lebaran. Penggunaan jalan tol ini sifatnya darurat dengan ...

  • propertidata
  • 2017.06.13
  • 590

    view

  • Tol Bawen – Salatiga Difungsikan H-10

    Housing-Estate.com, Jakarta - Pemerintah terus ngebut membereskan pekerjaan beberapa ruas jalan tol Trans Jawa agar dapat difungsikan untuk mudik Lebaran. Penggunaan jalan tol ini sifatnya darurat dengan status fungsional untuk memperlancar arus mudik.  Beberapa proyek jalan tol itu sedianya baru akan beroperasi tahun 2018 dan 2019.

    Jalan tol yang nanti bisa digunakan pemudik salah satunya ruas Bawen-Salatiga sepanjang 18,3 km. Jalan tol ini akan difungsikan mulai H-10 Lebaran dan masih gratis. Ruas tol Bawen-Salatiga merupakan bagian dari seksi 3 jalan tol Semarang-Solo. Kendati baru status fungsional konstruksinya sudah siap 99 persen. Rencananya setelah Lebaran akan dilakukan uji laik fungsi sebelum jalan tol ini dioperasionalkan secara penuh.

    “Dengan difungsikannya jalan tol Bawen-Salatiga pengendara yang menuju Sragen atau Solo tidak harus keluar di Bawen,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono, saat meninjau kesiapan infrastuktur jalan pendukung arus mudik, Selasa (13/6).

    Jalan tol Semarang-Solo merupakan bagian dari jalan tol Trans Jawa sepanjang 72,6 km. Ruas ini terdiri 5 seksi yaitu Semarang-Ungaran (16,3 km), Ungaran-Bawen (11,3 km), Bawen-Salatiga (18,2 km), Salatiga-Boyolali (22,4 km), dan Boyolali-Kartasura (11,1 km). Seksi 1 dan 2 dari Semarang-Bawen sudah beroperasi dan dikenakan tarif,  sementara seksi 3-4 Salatiga-Kartasura (32 km) masih dalam progres pembangunan. Ujung jalan tol ini berakhir di pintu tol Salatiga yang memiliki pemandangan menawan Gunung Merbabu yang sempat viral belakangan ini.

    Pengendara tujuan Surabaya setelah exit Salatiga alternatifnya bisa langsung masuk jalan tol Solo-Ngawi yang statusnya juga fungsional. Jalan tol fungsional di jalur ini panjangnya mencapai 64 km dari total 90 km. Pengendara yang masuk dari Kartasura bisa keluar di Pungkruk (Sragen) atau di exit Widodaren.

    Di jalur Brebes-Weleri yang juga fungsional hanya bisa dilalui saat siang hari mulai pukul 6 pagi – 5 sore dan hanya untuk kendaraan kecil. Lintasannya  2 lajur satu arah mulai tanggal 19-26 Juni 2017 untuk mudik dan arus balik pada 27 Juni-2 Juli 2017.

    “Para pengguna jalan harus berhati-hati karena beberapa ruas fungsional masih ada perlintasan yang digunakan masyarakat. Kami sudah menyiapkan petugas dan kerja sama dengan instansi terkait untuk pengaturan di perlintasan ini. Kami juga menyiapkan 5 rest area di setiap 10 km, patroli, 2 mobil ambulan, 2 mobil derek, dan kebutuhan lainnya,” imbuhnya.

    housing-estate.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci