Monorail dan Jalan Tol Akan Menyatukan Bandung Raya

Big Banner

Jakarta, mpi-update. Bandung segera memiliki monorail, jalan tol dan kereka super cepat. Majalah Properti Indonesia (MPI) edisi Agustus 2015 (reguler) mengulasnya. Disebutkan, proyek ini untuk menjalin konektivitas antara kawasan di Bandung Raya.

Wilayah Bandung Raya meliputi Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Sumedang) sebagai kawasan metropolitan.

Rencana pembangunan Jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) akan berimbas kawasan Bandung Timur akan lebih maju, minimal untuk kawasan Cileunyi, Jatinangor, hingga ke arah Sumedang.

Untuk daerah Kota Bandung kini sedang disiapkan pembangunan Jalan tol Soreang – Pasir Koja (Soroja). Imbasnya, kawasan Bandung selatan, khususnya Soreang hingga Pataruman, Kopo dan Margaasih akan bernilai ekonomi tersendiri.

Begitu pula dengan rencana pembangunan Jalan Tol Pasteur yang tembus hingga Ujungberung dan Cileunyi. Seiring dengan pembangunan kawasan Stadion Gelora Bandung Lautan Api, sekarang mulai direncankan pembangunan penunjang, antara lain pengembangan Jalan tol yang berada di sekitar Gedebage.  Imbasnya, kawasan Majalaya, Derwati, Ciparay, dan sekitarnya akan terbuka dalam pengembangan jalur wilayah ekonomi.

Rencana proyek Jalan Tol Layang Soroja sepanjang 8,5 km yang menghubungkan Soreang (Ibukota Kabupaten Bandung) dengan Pasir Koja (Kota Bandung) ini telah dicanangkan sejak beberapa tahun Lalu dan kini mulai direalisasikan.

Pembangunan tol ini akan dimulai pada 2015 ini menyusul Konsorsium PT Wijaya lapangan (venue) PON berada di wilayah Soreang, Kabupaten Bandung. Pemkab Bandung menargetkan jumlah lahan yang dibebaskan tahun ini bertambah menjadi 95 persen dari 83 persen hasil pembebasan pada 2014 lalu.

Menurut Bupati Bandung Dadang M. Naser, pembayaran ganti rugi lahan terus lakukan. Sisa lima persen tahun ini lebih disebabkan belum adanya kesepakatan di internal keluarga pemilik lahan. Sedangkan bagi sejumlah warga yang keberatan soal harga pembebasan lahan, akan diselesaikan lewat pengadilan, sesuai dengan aturan pemerintah terkait percepatan proyek pembangunan. (MPI/HS).

 

 

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me