Swasta & Kementerian Boleh Tunjuk Perumnas sebagai Pengembang

Big Banner

BOGOR – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) menginginkan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) sebagai revisi PP Nomor 15 tahun 2004 tentang Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional (Perum Perumnas) akan menguatkan fungsi perusahaan sebagai penyedia perumahan bagi masyarakat.

Direktur Utama Perum Perumnas Himawan Arief Sugoto mengatakan, RPP tentang Perum Perumnas nantinya tidak hanya akan menguatkan fungsi perusahaan sebagai penyedia perumahan bagi masyarakat, namun juga akan tertuang penugasan yang dilimpahkan kepada Perumnas dari pihak lain apabila pendekatan ekonomis sulit dilakukan oleh pengembang lain. Namun, hal ini tentu akan tetap dengan konsep penugasan dibangun dengan anggaran yang telah diberikan.

“Kita dapat ditugaskan apabila secara pendekatan ekonomis sulit dilakukan pengembang lain. Dilakukan penugasan, perumahan masyarakat yang mungkin sulit dikembangkan dengan pendekatan normal atau pendekatan komersial,” ucapnya di Kawasan Sentul City, Bogor, Sabtu (15/8/2015).

Menurut Himawan, dalam revisi PP ini nantinya penugasan tersebut dapat dilakukan atau ditunjuk oleh stakeholder ataupun kementerian lain.

“Swasta atau Kementerian lain boleh menunjuk Perumnas. Apabila tidak memiliki pengembang yang kuat, boleh menugaskan Perumnas baik penunjukkan dari Pempus ataupun Pemda,” terangnya.

Namun demikian dia menegaskan, dalam PP yang lama, aspek penugasan Perumnas sebenarnya sudah ada, namun tidak dengan hal pihak swasta atau kementerian lain.

Hingga saat ini, revisi PP sudah dilakukan harmonisasi atau telah disetujui dan diparaf beberapa kementerian terkait, yakni Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Kementerian PUPR, serta Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

“Mungkin saat ini sudah tinggal dua kementerian lagi, sehingga agar masuk ke Sesneg untuk disampaikan kepada Presiden. Akhir bulan ini diharapkan sudah. Saya belum cek posisinya ada di mana,” tandasnya.

(rzy)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me