Arsitek dan Pakar Konstruksi Investigasi Penyebab Kebakaran Grenfell Tower

Grenfell Tower, London (Rumah123/CNN)Para arsitek dan pakar konstruksi mencoba memahami penyebab kebakaran yang terjadi di Grenfell Tower di ibu kota Inggris, London pada Rabu (14/06/2017).Laman desain ...

  • propertidata
  • 2017.06.15
  • 528

    view

  • Arsitek dan Pakar Konstruksi Investigasi Penyebab Kebakaran Grenfell Tower



    Grenfell Tower, London (Rumah123/CNN)

    Para arsitek dan pakar konstruksi mencoba memahami penyebab kebakaran yang terjadi di Grenfell Tower di ibu kota Inggris, London pada Rabu (14/06/2017).

    Laman desain dan arsitektur Dezeen melansir kalau 12 orang tewas dan 70 orang menderita luka. Korban luka masih dirawat di sejumlah rumah sakit di London. Api berkobar selama berjam-jam di gedung dengan 24 lantai ini.

    Baca juga: Kejayaan Kesultanan Bengal Menginspirasi Desain Masjid di Bangladesh

    Sejumlah saksi mata menyaakan kalau api menyebar dengan cepat lantaran adanya bagian pelindung bangunan baru. Kebetulan gedung ini baru saja direnovasi pada 2016 lalu. Para arsitek dan pakar konstruksi sedang melakukan investigasi mengenai hal ini.

    Biro arsitek yang berkantor di London, Studio E Architects dan perusahaan kontraktor asal Inggris, Rydon terlibat dalam renovasi bangunan ini. Proyek ini menghabiskan dana 8,7 juta pound (Rp144,6 miliar).

    Baca juga: Ramadan Bikin Sepi Pasar Properti? Siapa Bilang?

    Pekerjaan renovasi ini juga memasang lapisan baru berupa panel komposit aluminium pada fasad gedung. Selain itu, juga ada pemasang sistem pemanas yang efisien energi.

    Ada pihak yang mengklaim kalau lapisan pengaman api telah dicopot selama pengerjaan renovasi. Tetapi, memang belum jelas apakah lapisan ini telah diganti.

    Baca juga: Astaga, Apartemen Ini Terbakar dari Lantai Dua Hingga Lantai 24!

    Ada lapisan udara antara bagian baru di dinding yang telah dipasang dengan lapisan berikutnya. Lapisan udara ini seperti cerobong asap, mempercepat penyebaran api yang terus menjalar ke seluruh fasad.

    Rydon sendiri mengklaim kalau gedung ini telah memenuhi standar regulasi anti kebakaran, kesehatan, dan keselamatan saat renovasi dituntaskan.

    Baca juga: Wah, Ternyata Peralatan Keselamatan Grenfell Tower Ga Diperiksa Selama 4 Tahun!

    Guardian melansir kalau perubahan fasad dan eksterior bangunan yang terjadi pada banyak gedung setelah Perang Dunia II di seluruh Inggris memang terjadi. Hal ini dilakukan untuk memperbaiki pemandangan dari apartemen.

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci