Wah, Ternyata Peralatan Keselamatan Grenfell Tower Ga Diperiksa Selama 4 Tahun!

Grenfell Tower yang Terbakar Pada Rabu 14 Juni 2017 (Rumah123/Daily Mail)Kebakaran besar melanda Grenfell Tower, sebuah apartemen yang berada di ibu kota Inggris, London bagian Barat pada Rabu (14/06/2017) ...

  • propertidata
  • 2017.06.15
  • 561

    view

  • Wah, Ternyata Peralatan Keselamatan Grenfell Tower Ga Diperiksa Selama 4 Tahun!



    Grenfell Tower yang Terbakar Pada Rabu 14 Juni 2017 (Rumah123/Daily Mail)

    Kebakaran besar melanda Grenfell Tower, sebuah apartemen yang berada di ibu kota Inggris, London bagian Barat pada Rabu (14/06/2017) pagi waktu setempat.

    Sejumlah orang diperkirakan meninggal sementara puluhan lainnya menderita luka-luka akibat kebakaran besar yang melanda seluruh bangunan gedung berlantai 24 ini. Gedung ini memiliki 120 unit apartemen dan dihuni sekitar 200 orang.

    Baca juga: “Sarang Nyamuk” Seluas 12 Meter Persegi, Mau Tinggal di Sini?

    Dinas pemadam kebakaran London mengerahkan 200 petugas dan 14 mobil pemadam untuk memadamkan api. Api baru padam setelah lebih dari enam jam.

    Media Inggris, Guardian melansir kalau kekhawatiran soal kebakaran gedung ini sudah muncul pada awal 2012 lalu. Saat itu, tinjauan kesehatan dan keselamatan menyatakan kalau peralatan anti kebakaran tidak dicek lebih dari empat tahun!

    Baca juga: Harga Apartemen Semakin Tidak Terjangkau, Developer Hong Kong Bangun Unit Mini

    Kawasan Grenfell Tower ini sudah mulai dibangun sejak 1974 sebagai bagian dari proyek Lancaster Road. Setelah itu, kawasan ini sempat direnovasi dan selesai pada Mei 2016.

    Tidak dijelaskan apakah masalah yang dikemukakan oleh para penghuni apartemen sudah diselesaikan dengan ada pembaruan peralatan kebakaran.

    Baca juga: Kejayaan Kesultanan Bengal Menginspirasi Desain Masjid di Bangladesh

    Pada 2013, setahun sebelum renovasi dimulai, asosiasi penghuni gedung, Grenfell Action Group memublikasikan laporan risiko kebakaran pada 2012. Mereka menemukan kalau pemadam api di ruang basement, ruang mesin lift, dan ruang elektrik lantai dasar sudah 12 bulan tidak dites!

    Banyak dari penghuni gedung yang mengecam laporan tertulis ini dengan tulisan tangan dengan warna hitam. Mereka senewen karena peralatan keselamatan malah tidak dites sejak 2009!

    Baca juga: Ramadan Bikin Sepi Pasar Properti? Siapa Bilang?

    “Semua ini memberikan indikasi kalau inspeksi bulanan tidak dilakukan,” ujar salah satu petugas keselamatan dan kesehatan seperti dikutip dari Guardian. Kekhawatiran tentang keselamatan dari ancaman kebakaran sempat diutarakan penghuni kepada dewan daerah Kengsinton dan Chelsesa.

    Pada 2016, Sejumlah penghuni juga sempat melontarkan kekhawatiran mengenai keberadaan pintu keluar yang hanya satu pada bangunan ini. Mereka khawatir kalau ada kebakaran, penghuni bisa terperangkap di dalam.

    Baca juga: Juara Dunia F1 Ternyata Investor Properti Juga!

    Sebuah tulisan yang diunggah ke blog penghuni muncul pada November 2016, terpaut hanya enam bulan setelah renovasi selesai. Dalam tulisan itu diungkapkan kalau mungkin pemikiran yang berlebihan tetapi Grenfell Action Group percaya kalau kejadian luar biasa akan menguak risiko keselamatan yang terabaikan di Grenfell Tower.

    Sang penulis percaya kalau ada kebakaran besar pada gedung tinggi dengan penghuni yang padat bakal menjadi alasan untuk sebuah perubahan.

    Baca juga: Astaga, Apartemen Ini Terbakar dari Lantai Dua Hingga Lantai 24!

    Ternyata, juga ada dokumentasi sejumlah masalah terkait sistem lampu darurat dan daya listrik yang disebabkan pemasangan kabel yang salah.

    Pada 2013, asosiasi penghuni apartemen mengungkapkan kekhawatiran tentang apakah empat mobil pemadam kebakaran bisa masuk ke akses darurat Grenfell Tower. Jumlah ini termasuk standar untuk akses darurat sebuah gedung apartemen dengan tinggi 24 lantai.

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci