Desain Masjid Ini Terinspirasi dari Rumah Nabi Muhammad SAW

Masjid Al Warqa'a, Dubai, Uni Emirat Arab (Rumah123/Dezeen)Masjid Al Warqaa ini memang terkesan sederhana dengan eksterior berwarna coklat dengan menggunakan material sandstone atau batuan alam dari padang ...

  • propertidata
  • 2017.06.15
  • 543

    view

  • Desain Masjid Ini Terinspirasi dari Rumah Nabi Muhammad SAW



    Masjid Al Warqa'a, Dubai, Uni Emirat Arab (Rumah123/Dezeen)

    Masjid Al Warqa’a ini memang terkesan sederhana dengan eksterior berwarna coklat dengan menggunakan material sandstone atau batuan alam dari padang pasir. Bentuknya juga minimalis dengan kubah dan menara.

    Sementara bagian dalamnya juga tidak terlalu wah. Arsitek yang mendesain menempatkan material marmer pada lantai dan dinding. Untuk akses masuk, arsitek memasang pintu kaca.

    Baca juga: Kejayaan Kesultanan Bengal Menginspirasi Desain Masjid di Bangladesh

    “Masjid Al Warqa’a mengikuti kesederhanaan ruang rumah Nabi Muhammad SAW pada abad ketujuh di Madinah, yang dianggap sebagai masjid pertama dalam sejarah,” ujar Ibda Design seperti dikutip oleh laman desain dan arsitektur, Dezeen.

    Ibda Design merupakan biro arsitek yang mendesain Masjid Al Warqa’a yang berada di Dubai, Uni Emirat Arab. Biro arsitek ini memiliki kantor di Dubai, Beirut (Lebanon), dan Tokyo (Jepang).

    Baca juga: Google Kenang Karya Arsitektur Si Ratu Lekukan asal Inggris

    Biro arsitek tidak merancang masjid ini memiliki banyak ornamen. Ibda Design mendesain interior Masjid Al Warqa’a seminimalis mungkin.

    Dinding interior mesjid berwarna putih atau dengan material marmer dan akses pintu kaca menjadi wujud nyata desain minimalis.

    Baca juga: Bangunan Casa Vicens Beneran Instagramable Lho!

    Kalau pun ada aksen pada dinding berupa mosaik atau pun pohon yang ditanam dalam ruangan dan juga ruang selasar yang menghubungkan beberapa ruangan dalam masjid.

    Ibda Design juga merancang sejumlah bukaan seperti skylight pada bagian atas masjid sebagai akses masuk cahaya sekaligus penanda perubahan waktu shalat.

    Baca juga: Yuk, Lihat Art Center Terbaru di Beijing, Kayak Apa Sih?

    Saat memasuki masjid ini, umat Muslim yang ingin melakukan kewajiban shalat lima waktu akan merasakan perbedaan dengan lingkungan di luar masjid.

    “Menjelaskan akses masuk menuju ruang shalat melalui lapangan memang didesain untuk menciptakan perpindahan ruang yang berkesinambungan bagi orang yang ingin shalat, yang datang dari lingkungan jalan yang sibuk menuju ke tempat shalat yang tenang melalui serangkaian akses yang menyenangkan dan menenangkan,” kata Ibda Design.

    Baca juga: Hmm, Kayak Apa Ya Lampu Gantung dengan Pola Kayu Terbakar?

    Hmm, asyik juga ya kalau bisa shalat di masjid ini? Kamu bisa khusyuk beribadah. Mau shalat tarawih di sini? Atau berencana shalat Idul Fitri di masjid ini?

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci