Awas, Bahaya Kebakaran Ancam Penghuni Gedung Tinggi!

Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)Kebakaran yang terjadi di Grenfell Tower di London, Inggris pada Rabu (14/06/2017) pagi hari waktu setempat memang mengagetkan.Kebakaran melanda seluruh bangunan gedung ...

  • propertidata
  • 2017.06.16
  • 280

    view

  • Awas, Bahaya Kebakaran Ancam Penghuni Gedung Tinggi!



    Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

    Kebakaran yang terjadi di Grenfell Tower di London, Inggris pada Rabu (14/06/2017) pagi hari waktu setempat memang mengagetkan.

    Kebakaran melanda seluruh bangunan gedung dengan 24 lantai ini. Belasan orang meninggal, sementara puluhan lainnya menderita luka.

    Baca juga: Ramadan Bikin Sepi Pasar Properti? Siapa Bilang?

    Arsitek dan pakar konstruksi sedang mempelajari apa yang menyebabkan api menjalar begitu cepat. Selain itu, masalah keselamatan penghuni juga muncul lantaran sebelumnya para penghuni mengeluhkan akses pintu darurat yang kurang memadai dan lainnya.

    Kebakaran ini tentunya memunculkan kekhawatiran terkait keselamatan bagi para penghuni untuk tinggal di hunian vertikal. Apakah tinggal di gedung tinggi aman dari kebakaran?

    Baca juga: Astaga, Apartemen Ini Terbakar dari Lantai Dua Hingga Lantai 24!

    Sebelumnya juga terjadi kebakaran besar di London pada 3 Juli 2009. Kebakaran melanda bangunan apartemen Lakanal House yang memiliki 14 lantai. Enam orang meninggal dan 20 lainnya terluka dalam kejadian ini.

    Dalam satu dekade terakhir terjadi insiden pada gedung tinggi di seluruh dunia. Beberapa di antaranya memakan korban jiwa dalam jumlah besar.

    Baca juga: Wah, Ternyata Peralatan Keselamatan Grenfell Tower Ga Diperiksa Selama 4 Tahun!

    Pada 17 Januari 2017, Gedung Plasco di Teheran, Iran yang memiliki 17 lantai ini runtuh. Sebelumnya terjadi kebakaran yang melanda lantai sembilan, setelah itu bangunan kolaps. Sebanyak 21 orang meninggal dan 70 orang lainnya terluka.

    Kebakaran besar pernah melanda sebuah gedung setinggi 16 lantai di Baku, Azerbaijan pada 19 Mei 2015. Sebanyak 15 orang, 5 di antaranya anak-anak meninggal.

    Baca juga: Kejayaan Kesultanan Bengal Menginspirasi Desain Masjid di Bangladesh

    Sebuah ledakan terjadi di gedung pencakar langit di Mexico City, Meksiko pada 31 Januari 2013. Korban jiwa yang tewas berjumlah 37 orang, sementara 126 orang mengalami cedera.

    Insiden lainnya terjadi pada 15 November 2010 di Shanghai Tiongkok. Sebuah apartemen setinggi 28 lantai terbakar yang menyebabkan 58 orang tewas dan 70 orang terluka.

    Baca juga: “Sarang Nyamuk” Seluas 12 Meter Persegi, Mau Tinggal di Sini?

    Sementara sejumlah kejadian juga terjadi di Jakarta pada tahun 2016 lalu yaitu apartemen Saint Moritz di Jakarta Barat terbakar pada 12 Juli, apartemen Gading Mediterania di Jakarta Utara pada 29 September, apartemen Parama di Jakarta Selatan pada 11 Oktober, serta Soho Podomoro City di Jakarta Barat pada 9 November.

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci