Tukang Bakso Boleh Kredit Rumah, Ini Caranya!

Big Banner

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) berencana meluncurkan program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) subsidi bagi masyarakat berpenghasilan tidak tetap. Program ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang bekerja di sektor informal. 

“Dengan Program ini tukang becak atau tukang bakso akan bisa mendapat rumah,” kata Direktur Bank BTN Mansyur S Nasution kepada Rumahku.com. 

Mansyur mengatakan rencananya pihaknya tahun ini akan meluncurkan program tersebut, namun memang saat ini pihaknya masih menggodok lebih lanjut mengenai mekanisme peraturan program tersebut agar nantinya bisa dilaksanakan dengan baik.  

Mansyur menambahkan, nantinya persyaratan program ini dibuat kurang lebih sama dengan peserta yang memiliki pekerjaan tetap. Manfaat yang akan dirasakan juga sama, cuman yang membedakan adalah mekanisme pembayaran cicilan rumah.  

“Nantinya mereka (pemohon kredit .red), juga diwajibkan untuk menyertakan laporan mengenai besaran penghasilan dalam setahun. Hal ini sangat penting untuk melihat bagaimana resiko gagal bayar yang akan ditanggung bank,” ujar Mansyur. 

Mansyur juga mengatakan bahwa pegawai berpendapatan tidak tetap tersebut juga berpeluang untuk mengadapatkan kredit rumah murah atau Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dari Bank BTN. 

“Namun syaratnya hanya satu, pemohon bersih dari daftar hitam Bank Indonesia,” ujar Mansyur.

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me