Kemenpupera Bangun 343 Twin Block Rusun

Housing-Estate.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) terus mengejar pembangunan rumah susun sewa (Rusunawa) di berbagai kota. Tahun 2015-2016 dibangun 234 twin block ...

  • propertidata
  • 2017.06.16
  • 520

    view

  • Kemenpupera Bangun 343 Twin Block Rusun

    Housing-Estate.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) terus mengejar pembangunan rumah susun sewa (Rusunawa) di berbagai kota. Tahun 2015-2016 dibangun 234 twin block (TB) di wilayah Jawa Tengah (Jateng), Jawa Timur (Jatim), dan Yogyakarta. Rusunawa ini untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), pekerja, TNI-Polri, mahasiswa, dan santri pondok pesantren.

    Dirjen Penyediaan Perumahan Kemenpupera Syarif Burhanuddin menyatakan, selain membangun proyek baru pemerintah juga membenahi Rusunawa di berbagai daerah yang kondisinya tidak layak huni. Misalnya bangunannya rusak, belum selesai dibangun, masalah legalitas, termasuk Rusunawa yang tidak dihuni.

    “Kita akan terus melakukan terobosan untuk untuk mencari solusi permasalahan Rusunawa. Ini penting karena Rusunawa merupakan aset negara sehingga pemanfaatannya harus maksimal,” ujarnya di Jakarta, Jumat (16/6).

    Salah satu yang akan ditingkatkan adalah koordinasi dan sinkronisasi antara pemerintah pusat dan daerah. Rusunawa merupakan proyek pemerintah pusat melalui Kemenpupera tapi pemeliharaan dan penentuan penghuninya dilakukan pemerintah daerah. Selain itu pemerintah daerah berwewenang soal sertifikat, IMB, penyediaan infrastruktur, sarana dan prasarana.

    “Untuk wilayah Jateng, Jatim, dan Yogyakarta pada tahun 2017 ini akan ditingkatkan anggarannya sehingga Rusunawa yang dibangun menjadi lebih banyak. Penambahannya di Jatim 47 TB, Jateng 35 TB, dan Yogyakarta 13 TB. Total pada tahun ini di seluruh Indonesia akan dibangun sebanyak 343 TB,” pungkasnya.

    housing-estate.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci