Pemerintah Percepat Pembangunan Wilayah Perbatasan RI

Big Banner

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam kunjungannya ke Desa Long Nawang di Kalimantan Utara, mengatakan bahwa dalam tiga tahun ini pemerintah akan melakukan percepatan pembangunan di wilayah pinggiran. Hal ini akan terjadi khususnya di wilayah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia. 

“Mudah-mudahan ini dioptimalkan bahwa target tiga tahun percepatan pembangunan ini selesai. Kawasan perbatasan harus menjadi kawasan penunjang ekonomi, penunjang keamanan oleh anggota TNI yang lebih solid. Khususnya di Malinau, Sebatik, Nunukan, NTT dan Kalimantan yang berbatasan langsung dengan Malaysia,” ujar Menteri Tjahjo, seperti informasi yang diterima Rumahku.com

Ia menambahkan bahwa percepatan pembangunan wilayah perbatasan menjadi salah satu rencana utama pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Jusuf Kalla.  

“Ini sudah menjadi program utama Bapak Presiden dengan nawacitanya, yakni membangun dari pinggiran yang diserahkan kepada BNPP (Badan Nasional Pengelola Perbatasan),” jelasnya. 

Terkait hal itu pemerintah telah menganggarkan dana mencapai Rp 16 triliun per tahun. Dana tersebut akan diprioritaskan untuk pembangunan jalan, serta fasilitas pendidikan dan kesehatan. 

“Jalan dulu yang dibangun, beserta fasilitasnya, termasuk fasilitas perbatasan yang lengkap, seperti puskesmas, sekolah, sehingga masyarakat yang tinggal di perbatasan terjamin,” tandasnya.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me