Pedesaan Akan Dijadikan Kawasan Mandiri

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemerintah dalam jangka panjang ingin mengubah pedesaan di Indonesia menjadi lebih maju. Desa-desa tertinggal akan dikembangkan menjadi desa berkembang, desa mandiri, yang pada akhirnya menjadi kota-kota kecil dan kota baru.Terkait hal itu pemerintah terus menggalakkan pembangunan infrasrtruktur dasar di wilayah pedesaan.

Hermanto Dardak, Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kemenpupera

Hermanto Dardak, Kepala Badan Pengembangan
Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kemenpupera

“Saat ini program-program yang sudah dikembangkan di pedesaan antara pengembangan kawasan agropolitan, minapolitan, techno park, dan kota terpadu mandiri (KTM). Ini kita kembangkan dengan sistem urban-rural linkages dengan aspek yang dikembangkan meliputi sosial, ekonomi, dan lingkungan yang dikemas dalam keterpaduan program lintas sektor,” ujar Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) Hermanto Dardak, di Jakarta, Rabu (19/8).

Urban-rural linkages merupakan sistem untuk membangun konektivitas dari desa ke pusat pertumbuhan hingga ke kota terdeklat sebagai kawasan sentra pemasaran akhir (outlet). Desa berfungsi sebagai kawasan sentra produksi (on farm), sedangkan pusat pertumbuhan menjadi sentra prosesing (off farm).

“Dengan begitu pedesaan bisa didorong menjadi lebih maju dan bisa menjadi wilayah-wilayah potensial baru dan didorong menjadi pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me