Bikin Gedung Tinggi dari Material Kayu? Bisa Banget Lho!

Framework yang Didesain oleh Lever Architects (Rumah123/Dezeen)Pernah membayangkan gedung tinggi yang terbuat dari material kayu? Hmm, pastinya kamu tidak akan percaya dan lebih yakin kalau gedung tinggi ...

  • propertidata
  • 2017.06.17
  • 1261

    view

  • Bikin Gedung Tinggi dari Material Kayu? Bisa Banget Lho!



    Framework yang Didesain oleh Lever Architects (Rumah123/Dezeen)

    Pernah membayangkan gedung tinggi yang terbuat dari material kayu? Hmm, pastinya kamu tidak akan percaya dan lebih yakin kalau gedung tinggi pastinya dari material beton dan baja.

    Tetapi, kamu harus percaya nih kalau sebentar lagi kamu akan melihat gedung tinggi yang terbuat dari kayu lho. Belum lama ini, pemerintah negara bagian Oregon dan kota Portland di Amerika Serikat telah menyetujui pembangunan Framework.

    Baca juga: Bangunan Casa Vicens Beneran Instagramable Lho!

    Framework merupakan bangunan yang memiliki tinggi 12 lantai. Bangunan mixed use ini terdiri dari perkantoran, ritel, dan apartemen.

    Ada lima lantai untuk gedung perkantoran dan lima lantai untuk apartemen. Unit apartemen yang dipasarkan ada 60 unit dengan tipe studio, 2 bedroom, dan 3 bedroom.

    Baca juga: Yuk, Lihat Art Center Terbaru di Beijing, Kayak Apa Sih?

    Biro arsitek Lever Architect mendesain Framework. Biro arsitek ini didirikan oleh Thomas Robinson pada 2009. Arsitek ini telah memiliki pengalaman di dunia arsitektur selama 20 tahun.

    “Setelah menerima ijin ini merupakan momen sangat penting bagi Framework dan menunjukkan kalau adanya kemungkinan untuk membangun gedung tinggi di AS dengan menggunakan material kayu,” ujar pemimpin proyek pembangunan Anyeley Hallova seperti dilansir oleh laman desain dan arsitektur Dezeen.

    Baca juga: Hmm, Kayak Apa Ya Lampu Gantung dengan Pola Kayu Terbakar?

    “Sekarang, jalan kami sudah jelas untuk membangun gedung, pembangunan Framework akan memulai permintaan produk kayu dalam jumlah besar yang terkait dengan investasi baru manufaktur dan penciptaan lapangan kerja,” lanjut Hallova.

    By the way, sebelumnya peraturan perundangan di AS melarang penggunaan material kayu untuk pembangunan gedung tinggi lantaran alasan keamanan terkait kebakaran dan gempa serta pengaturan akustik suara.

    Baca juga: Desain Masjid Ini Terinspirasi dari Rumah Nabi Muhammad SAW

    Wah, terbayang sih kalau material kayu memang rentang gempa karena bisa patah dengan mudah dan gampang terbakar bila terkena api.

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci