Umur 26 Tahun Sudah Kebeli Rumah, Gimana Rasanya Ya?

Memulai renovasi dari teras, menjadikan bagian rumah ini paling berkesan bagi Andik Wiko (27) dan istrinya, Putri Eka (26). Renovasi tersebut yakni pada bagian dinding, taman, dan garasi. (Rumah123/ Jhony ...

  • propertidata
  • 2017.06.18
  • 1357

    view

  • Umur 26 Tahun Sudah Kebeli Rumah, Gimana Rasanya Ya?



      Memulai renovasi dari teras, menjadikan bagian rumah ini paling berkesan bagi Andik Wiko (27) dan istrinya, Putri Eka (26). Renovasi tersebut yakni pada bagian dinding, taman, dan garasi. (Rumah123/ Jhony Hutapea)

    Siapa bilang milenial gak tertarik beli rumah? Coba dong lihat Andik Wiko Sumartono. Pada umur 26 tahun, cowok yang bekerja pada sebuah perusahaan e-commerce ini sudah punya rumah sendiri.

    Tanpa dibantu dana dari orangtua, Andik mampu membeli rumah di kawasan Ciledug yang tergolong kelas menengah seharga Rp440 juta. Uang muka (DP) rumah dia dapat dari hasil menabung dari hasil bonus yang tiap tahun dari tempatnya bekerja.

    Baca juga: Baru Umur 27 Tahun Sudah Punya 3 Properti, Kok Bisa?

    “Kalau gaji saya sih gak terlalu besar, yang besar itu bonus tiap tahun yang saya dapatkan,” ujarnya pada Rumah123, beberapa waktu lalu.

    Rupanya, selain uang dari bonus, dia juga memiliki usaha sampingan yakni photo booth. Maka tak mustahil baginya terkumpul dana sekitar Rp90 jutaan lebih untuk uang muka.

    Kemudian melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Andik pun mengangsur sisa pembayaran harga rumah setiap bulannya.

    Baca juga: Belum Umur 21 Tapi Sudah Nikah, Boleh Ajukan KPR Subsidi Loh....

    “Total tabungan sekitar Rp40 jutaan dan yang dari abis nikah dapat sekitar Rp50 jutaan. Itu saya ngorek-ngorek juga dari tabungan yang lain,” katanya lebih merinci.

    Awalnya, uang hasil resepsi tersebut hendak dia gunakan untuk membeli mobil. Namun, usai menikah dan berembug dengan isteri, akhirnya dana yang terkumpul lebih baik buat beli rumah saja.

    “Sejak awal menikah memang ingin punya rumah dulu dibanding kendaraan. Buat investasi jangka panjang juga. Nyari rumah kan sudah sulit sekarag, apalagi yang pas sama keluarga,” katanya menjelaskan alasannya membeli rumah pertamanya itu.

    Baca juga: Di Usia 25 Tahun, Si Milenial Berhasil Punya Rumah Besar di Tengah Kota

    Dengan harga rumah Rp440 juta, Andik dikenai uang muka sebesar Rp100 juta. Kemudian, pembayaran cicilan tiap bulannya terasa ringan baginya.

    “Isteri saya kerja di bank dan dia ikut bantu sisihkan gajinya buat bayar cicilan rumah kami. Saya cuma patokin dari dia minimal Rp1 juta, dan sisanya saya. Jadi, kami bangun komitmen berdua untuk membayar cicilannya,” ucap Andik.

     rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci