Orang Asing Didorong Beli Properti di KEK

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Perdebatan mengenai kepemilikan properti untuk asing masih belum usai. Kalangan pengembang seperti tidak sabar mendorong pemerintah untuk segera membuka keran pembelian properti untuk asing. Kebijakan ini diharapkan dapat menggairahkan pasar properti nasional yang tengah melemah.

SD Darmono, CEO Jababeka

SD Darmono, CEO Jababeka

CEO PT Jababeka Tbk, S.D. Darmono, mengatakan, kalangan usaha dan stake holder lainnya tidak perlu memperdebatkan masalah ini.  Menurut Darmono, dengan diberlakukannya kawasan ekonomi khusus (KEK) orang asing bisa didorong untuk membeli properti di kawasan ini. Untuk itu aturan di kawasan KEK harus dibuat lebih khusus, bukan seperti sekarang yang aturannya berlaku umum.

“KEK ini kan dikembangkan di daerah terpencil, di sini orang asing bisa beli properti untuk jenis landed house. Biar saja wong tanah nggak bisa dibawa, kalau dia mau pindah atau meninggal tanahnya bisa dijual ke orang asing lagi atau orang lokal,” ujarnya kepada housing-estate.com di Jakarta, Rabu (19/8).

Pengembangan KEK di daerah-daerah terpencil dinilai Darmono akan menghidupkan dan meningkatkan perekonomian di kawasan. Masyarakat sekitar juga akan menerima manfaatnya.

Ia menjelaskan, KEK Tanjung Lesung, Banten, yang dikembangkan PT Jababeka jaraknya kurang dari 150 km dari Jakarta. Tapi daerahnya sangat terpencil dan sebagian besar masyarakatnya hidup miskin. Darmono optimis dengan pengembangan KEK Tanjung Lesung wilayah ini akan semakin berkembang dan perekonomiannya tumbuh.

Ia mencontohkan KEK Las Vegas, AS, yang sukses mengubah daerah tandus menjadi bernilai jual tinggi. Kawasan tersebut dijadikan pusat perjudian yang membuat kawasannya  tumbuh. Hal yang sama juga terjadi di Macau. Menurut Darmono, Indonesia sangat luas minimal punya 100 KEK dengan aturan yang dibuat khusus.

“Kalau perlu di lokasi KEK itu dibebaskan pajaknya, jadi orang belanja di situ bisa lebih murah.  Orang dari kota-kota yang sudah padat tertarik untuk bekerja dan tinggal di kawasan-kawasan pengembangan KEK, ini bisa menyejahterakan masyarakat dengan lebih cepat,” tandasnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me