Wah, Banyak Pohon dan Ruang Publik di Masjid Ini Lho

Masjid Al Warqa'a, Dubai, Uni Emirat Arab (Rumah123/Dezeen)Sejumlah pohon ditanam dalam selasar dan juga ruang terbuka menuju ruang shalat di Masjid Al Warqaa yang berada di Dubai, Uni Emirat Arab.Saat ...

  • propertidata
  • 2017.06.19
  • 1170

    view

  • Wah, Banyak Pohon dan Ruang Publik di Masjid Ini Lho



    Masjid Al Warqa'a, Dubai, Uni Emirat Arab (Rumah123/Dezeen)

    Sejumlah pohon ditanam dalam selasar dan juga ruang terbuka menuju ruang shalat di Masjid Al Warqa’a yang berada di Dubai, Uni Emirat Arab.

    Saat memasuki masjid dengan eksterior coklat ini, pengunjung akan melalui pintu kaca dan kemudian masuk ke ruangan besar dengan beberapa pohon.

    Baca juga: Google Kenang Karya Arsitektur Si Ratu Lekukan asal Inggris

    Lantas saat melalui taman yang menjadi ruang terbuka, sejumlah pohon juga ditempatkan sehingga menambah sejuk masjid.

    Biro arsitek asal Uni Emirat Arab, Ibda Design merancang Masjid Al Warqa’a ini. Firma arsitek ini memiliki kantor di Dubai, Beirut (Lebanon), dan Tokyo (Jepang).

    Baca juga: Kombinasi Permainan Warna dan Motif Keramik dalam Studio dan Apartemen di Hong Kong

    Ibda Design memang mendesain masjid ini tidak hanya sebagai tempat beribadah saja, tetapi juga sebagai tempat berkumpul dan untuk belajar.

    “Pendekatan desain terkait denah ini memang terpengaruh oleh pemahaman bahwa masjid merupakan tempat multifungsi bagi komunitas untuk berkumpul dan bersosialisasi setelah shalat, cara ini bisa dilihat dari pengembangan lingkungan,” ujar Ibda Design seperti dikutip oleh laman desain dan arsitektur Dezeen.

    Baca juga: Kejayaan Kesultanan Bengal Menginspirasi Desain Masjid di Bangladesh

    Ibda Design merancang ada bagian taman dan selasar sebelum masuk ke ruang shalat. Sebenarnya, taman dan selasar dapat dimanfaatkan ketika jumlah jamaah bertambah banyak saat shalat Jumat, shalat tarawih, shalat Idul Fitri, dan shalat Idul Adha.

    “Jumlah akses masuk yang banyak bisa menciptakan efek oasis yang menyejukkan yang menekankan gagasan kalau masjid itu sebagai tempat berkumpul masyakarat,” kata Ibda Design lagi.

    Baca juga: Desain Masjid Ini Terinspirasi dari Rumah Nabi Muhammad SAW

    Jangan heran kalau Ibda Design menyediakan ruang makan dalam masjid ini. Tentu hal ini tidak mengherankan lantaran masjid biasa digunakan sebagai tempat berbuka puasa saat Ramadan.

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci