Pemprov Jakarta Perbaiki Jalan Rusak dalam Semalam

Big Banner

Terus meningkatnya jumlah kendaraan membuat jalan berlubang kian banyak, khususnya di kota-kota besar seperti ibukota Jakarta. Kebutuhan transportasi pun mendesak Pemprov untuk menyediakan infrastruktur yang memadai.  

Bekerja sama dengan Holcim Indonesia, Pemprov DKI pun kabarnya telah mampu memperbaiki jalan dalam waktu semalam dengan memanfaatkan solusi beton berdaya cepat bernama SpeedCrete.

Pada kuartal 2 2015, Dinas Bina Marga Provinsi Jakarta telah menandatangani kontrak senilai USD 5,5 juta (setara dengan Rp 76,6 miliar). Kontrak pertama tersebut mencakup perbaikan jalur TransJakarta sepanjang 12 km (dari total rencana 200 km), mulai dari pekerjaan lapisan dasar hingga permukaan akhir. 

Sementara untuk kontrak keduanya, telah ditandatangani pada Senin, 3 Agustus 2015 untuk perbaikan akses jalan Marunda, persimpangan Kebon Nanas – Ahmad Yani dan persimpangan Pramuka – Matraman dengan total volume 1.550 m3. 

“Selama ini para penduduk Jakarta masih harus berjuang untuk melalui lalu lintas dan peningkatan jumlah kendaraan yang tidak seimbang dengan pertumbuhan jalan, sehingga mengakibatkan kemacetan parah serta kerugian secara ekonomis berupa hilangnya waktu dan pemborosan bahan bakar,” tulis pihak Holcim Indonesia Tbk pada siaran pers yang diterima Rumahku.com

SpeedCrete sendiri tak seperti perbaikan jalan konvensional yang memakan waktu berminggu-minggu. Dengan teknologi ini, kabarnya penambalan jalan hanya menghabiskan waktu 7 jam. 

“Ini (SpeedCrete) bisa membantu pembangunan perkotaan dan menjawab tantangan-tantangan yang ada di lapangan khususnya negara berkembang seperti Indonesia. Beton SpeedCrete sangat cocok diterapkan di kota dengan lalu lintas yang padat guna menghindarkan kemacetan lalu lintas selama proses penanganan jalan,” tutur Ir. H. Yusmada Faizal, Kepala Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me