Beli Rumah Nunggu Berkeluarga Dulu? Wah, Makin Susah Kebeli Tuh!

Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStockMilenial yang sudah bekerja tentunya punya gaji. Tapi, berapa banyak yang mengalokasikannya untuk beli rumah?Ah, beli rumah kan mahal. Jadi, nanti sajalah kalau sudah menikah ...

  • propertidata
  • 2017.07.14
  • 79

    view

  • Beli Rumah Nunggu Berkeluarga Dulu? Wah, Makin Susah Kebeli Tuh!



    Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

    Milenial yang sudah bekerja tentunya punya gaji. Tapi, berapa banyak yang mengalokasikannya untuk beli rumah?

    “Ah, beli rumah kan mahal. Jadi, nanti sajalah kalau sudah menikah.” Gak sedikit di antara mereka yang menjawab seperti ini. Padahal, menunda bukan berarti meningkatkan kemampuan membeli. Kok gitu? Ini alasannya:

    Pertama, kenaikan gaji yang rata-rata 10% per tahun tak akan mengimbangi kenaikan harga properti yang sekitar 20% per tahun.

    Kedua, kenaikan gaji seringnya diikuti kenaikan pengeluaran karena gaya hidup juga meningkat. Sehingga, dana untuk ditabung beli rumah tetap tak tersisa.

    Ketiga, ketika sudah menikah, kebutuhan hidup meningkat karena tanggungan hidup pun meningkat semisal dengan hadirnya anak-anak.

    Baca juga: Kisah Cinta Gagal Kalau Cowoknya Gak Bisa Beli Rumah Sebelum Nikah

    Merujuk data survei Biro Pusat Statistik (BPS) 2014, untuk hidup yang layak di Jakarta dibutuhkan biaya sedikitnya Rp7,5 juta. Bisa dibilang itu nominal tiga tahun yang lalu. Gimana kalau sekarang?

    Survei biaya hidup yang dilakukan BPS memang lima tahun sekali, jadi data yang terbaru mungkin baru ada sekitar tahun 2019 nanti. Survei tersebut dilakukan dengan merunut daftar kota dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) tertinggi. Indeks ini menghitung rata-rata pengeluaran untuk barang dan jasa per rumah tangga di sebuah kota.

    Baca juga: Contohlah Mega! Punya Rumah Dulu, Baru Punya Suami

    Menurut survei tersebut, untuk hidup layak di Jakarta dibutuhkan biaya sebesar Rp7,5 juta per bulan. Kalau di Depok Rp6,3 juta/bulan, dan Surabaya Rp6 juta/bulan.

    Sedangkan di luar Pulau Jawa biaya hidup per bulan yang dibutuhkan yakni: Batam Rp6,3 juta, Banda Aceh Rp6,1 juta, Ternate Rp6,4 juta, Jayapura Rp6,9 juta, Manokwari Rp6,2 juta.

    Jangan lupa, itu angka tahun 2014 lho, dengan tingkat inflasi sekitar 3%-10%, perkirakan saja berapa besar kenaikan biaya hidup sekarang dan masa yang akan datang. Lebih lagi bila kemudian kamu menikah, punya anak satu atau dua. Pusing kan?

    Baca juga: Mau Dipuja-Puji Suami? Coba Deh Beli Rumah!

    Nah, makanya mumpung masih lajang, jangan menunggu menikah untuk beli rumah. Berapa pun gaji yang kamu punya, anggarkan 30% untuk ditabung. Tabungan ini nantinya bisa kamu gunakan untuk membayar uang muka (DP) rumah.

    Jangan habiskan semua pendapatanmu sebulan hanya untuk foya-foya. Sadarkan diri bahwa membiayai gaya hidup tak akan ada habisnya, bakal bikin kamu jadi gak bisa beli rumah.

     rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci