Realisasi Program Pembangunan Sejuta Rumah Capai 472.495 Unit

Big Banner

JAKARTA, jktproperty.com – Pemerintah mengklaim telah merealisasikan pembangunan 472.495 unit rumah dalam kaitan program pembangunan sejuta rumah yang dicanangkan tahun ini.

Menurut Syarif Burhanuddin, Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), angka pembangunan rumah pada awal Agustus 2015 baru sekitar pada 300.000-an unit. “Namun dalam waktu dua pekan saja sejak Agustus, jumlah realisasi pembangunan rumah sudah bertambah lagi 100.000-an di seluruh Indonesia,” katanya akahir pekan lalu.

Sehingga, kata dia, sejak program pembangunan sejuta rumah dicanangkan Presiden Joko Widodo pada 29 April 2015, hingga saat ini berdasarkan laporan yang masuk ke Kementerian PUPR setidaknya sudah terbangun sebanyak 472.495 unit rumah dari target sebanyak satu juta unit rumah pada tahun ini. “Kita sama-sama berusaha mengejar target 1 juta rumah,” tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan 33% penduduk Indonesia yang membutuhkan rumah berada dalam kategori MBR, yakni pekerja dengan penghasilan di bawah Rp4 juta per bulan untuk konsumen rumah sederhana tapak (RST). Sedangkan kategori MBR untuk konsumen rumah susun sederhana milik (rusunami) ialah pekerja dengan penghasilan maksimal Rp7 juta per bulan. “Permintaan rumah murah naik dari tahun ke tahun,” tandasnya.

Sementara itu Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Maurin Sitorus mengatakan tahun depan jumlah pembangunan hunian untuk MBR ditargetkan mencapai 700.000 unit. “Tahun ini 600.000 unit untuk MBR, kami perkirakan sementara akan ada 700.000 unit di 2016, ” katanya.

Sementara itu, sebanyak 300.000 unit akan dibangun untuk masyarakat di luar MBR dengan harga komersial sehingga total target pembangunan hunian mencapai satu juta rumah. Untuk mendukung pembangunan hunian untuk MBR, Kementerian PUPR akan mengalokasikan subsidi sebesar Rp9,3 triliun untuk fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) dan subsidi selisih bunga (SSB) sebesar Rp2 triliun. Kombinasi dua skema tersebut diproyeksi bisa membiayai 500.000 unit hunian. (PIT)

jktproperty.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me