Mall Padang Dinilai Mampu Serap Tenaga Kerja

Big Banner

(Berita Daerah – Sumatera) Kegiatan penanaman investasi berupa pembangunan mall yakni Plaza Andalas di Kota Padang mampu menyerap tenaga kerja cukup besar di daerah tersebut.

Kepala Badan Penanaman Modal Daerah Kota Padang Muji Susilawati di Padang, Jumat, menyebutkan Plaza Andalas merupakan shoping mall pertama di Kota Padang, yang pembangunannya dengan kerja sama investasi (BOT) antara PemkotPadang dengan PT Inti Griya Prima Sakti.

Plaza ini dibangun di atas lahan seluas 16.300 M2 yang dulunya merupakan bekas terminal bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Antar Kota Luar Provinsi (AKAP) Lintas Andalas yang dipindahnya ke Terminal Bingkuang Air Pacah Padang.

“Pembangunan Plaza Andalas memakan waktu lebih kurang satu tahun dan menghabiskan dana mencapai Rp150 miliar,” katanya.

Sedangkan pada tahap pengoperasian mall tersebut telah menyarap tenaga kerja sebanyak 400 orang, dan sesuai dengan perjanjian kerja sama yang telah ditandatangan nomor.03/SK-v/2004 dan Nomor.397/IGPS/PDG/V/04 pada tanggal 19 Mei 2004 kerja sama ini disepakati dalam bentuk BOT selama 25 tahun.

“Melalui kerja sama ini Pemkot Padang menerima kontribusi sebesar 7.500 dollar Amerika Serikat (AS) setiap tahunnya,” tambah dia.

Pada 2009 sebagian bangunan Plaza Andalas mengalami kerusakan akibat gempa bumi pada 30 September 2009 dan untuk mengembalikan kondisi bangunan seperti semula, pihak investor melakukan berbagai perbaikan dan penguatan.

“Dengan berbagai perbaikan dan penguatan yang telah dilakukan membuat Plaza Andalas dapat beroperasi secara normal kembali sampai kini,” katanya.

Hadirnya Plaza Andalas di Padang, menurut dia, merupakan salah satu fasilitas publik yang diharapkan mampu menjawab kebutuhan masyarakat Kota Padang akan fasilitas perdagangan yang nyaman, aman dan sekaligus tempat wisata keluarga.

(et/EA/bd-ant)

Pic: ant

beritadaerah.co.id

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me