Kampung Pulo Ditertibkan, Ini Rencana Ahok Selanjutnya

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Kendati sempat diwarnai kericuhan penertiban permukiman di bantaran Kali Ciliwung di Kampung Pulo, Jakarta Timur, akhirnya berhasil dilakukan. Ratusan kepala keluarga untuk sementara dipindahkan ke rumah susun sewa (rusunawa) Jatinegara Barat. Usai penertiban ini kawasan Kampung Pulo diharapkan bisa bebas dari banjir rutin.

Kampung Pulo

Kampung Pulo

“Target utamanya  tahun ini Kampung Pulo tidak banjir lagi, itu aja dulu. Makanya lebar sungai akan kita kembalikan seperti dulu lagi. Dulu lebarnya 20-50 meter sekarang 3-5 meter, ini karena banyak yang mengurug bantaran untuk dijadikan hunian,” ujar Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Balaikota, Jakarta, Selasa (25/8).

Basuki mengatakan, di bekas lahan pemukiman kumuh itu akan dibangun rumah susun (rusun). Pembangunannya dimulai setelah di kedua sisi sungai benar-benar bersih dari pemukiman kumuh. Selain lebar kali akan dibuat seperti semula, Pemprov akan membuat jalan inspeksi di sepanjang bantaran sungai.

“Saya pengen bikin jadi bagus, bangunan-bangunan kuno di kawasan Kampung Pulo tetap dijaga jadi bisa untuk tempat wisata. Ada kuburan tua, masjid, klenteng, pokoknya bangunan bersejarah zaman Belanda. Kita buat juga angkutan di atas sungai, jadi orang bisa jalan-jalan menyusuri sungai,” tandasnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me