Tahu Ga? “Lapar Mata” pun Bisa Menjauhkan Kamu dari Kemampuan Beli Rumah

Foto: Rumah123/iStockMasih saja menunda beli rumah? Padahal, punya rumah merupakan aset dan investasi untuk masa depanmu. Terbawa gaya hidup konsumtif sering disebut-sebut sebagai penyebab kaum milenial ...

  • propertidata
  • 2017.07.23
  • 375

    view

  • Tahu Ga? “Lapar Mata” pun Bisa Menjauhkan Kamu dari Kemampuan Beli Rumah



    Foto: Rumah123/iStock

    Masih saja menunda beli rumah? Padahal, punya rumah merupakan aset dan investasi untuk masa depanmu. Terbawa gaya hidup konsumtif sering disebut-sebut sebagai penyebab kaum milenial masih menunda beli rumah atau berinvestasi.

    Kalau kamu lebih memilih menghabiskan semua penghasilanmu untuk gaya hidup ketimbang berinvestasi, maka kemungkinan untuk bisa beli rumah semakin kecil.

    Keuntungan beli rumah saat kamu masih single adalah karena kamu belum memiliki tanggungan, istri/suami atau anak. Nah, justru saat inilah kamu sebaiknya segera berinvestasi. Porsi penghasilan yang digunakan untuk berinvestasi lebih longgar, bukan?Baca juga: Kalau Pengin Kebeli Rumah, Jangan Kejebak Belanja Murah!

    Bila kamu sudah memiliki tanggungan, tentunya porsi berinvestasi kamu semakin kecil karena ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi.

    Selagi masih muda, masih single, cobalah tentukan tujuan utama keuanganmu. Katakanlah mimi untuk punya rumah. Impian ini akan mengantarkan kamu pada pencapaia tujuan utama keuanganmu. Mencegah kamu menghabiskan penghasilan untuk sesuatu yang tak berdampak bagi masa depanmu.

    Tuliskan secara jelas dan rinci apa impianmu. Apakah kamu ingin memiliki rumah atau apartemen? Tempelkan impianmu itu pada tempat yang sering kamu lihat. Dengan usia produktifmu yang masih panjang, tentunya sangat besar kemungkinanmu meraih impian tersebut.

    Baca juga: Perencanaan Keuangan Bagi Generasi Milenial itu Penting Banget Loh

    Jangan hanya bermimpi, untuk mewujudkan impian dibutuhkan aksi nyata. Praktikkan aksi tersebut dengan mengendalikan perilaku “lapar mata”. Tanpa kenal musim, pusat perbelanjaan selalu menampilkan harga-harga diskon. Kamu harus pahami bahwa inilah cara jitu department store untuk menarik pembeli.Yang perlu kamu lakukan, ketika berhenti atau mulai melirik ke toko tersebut, sadarilah kamu sedang “lapar mata”.

    Coba tanya ke dirimu sendiri, apakah yang membuat kamu tertarik untuk membelinya itu karena bentuknya yang unik dan lucu? Atau karena harganya yang murah? Kalau jawabanmu “Ya” berarti kamu meamang cuma “lapar mata”.

     rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci