Reklamasi Jakarta Akan Tiru Kota Rotterdam

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta ingin menggandeng Belanda untuk proyek reklamasi pantai utara Jakarta.  Negeri tersebut punya pengetahuan, teknologi, dan pengalaman dalam melakukan reklamasi. “Mereka sudah berhasil membangun pelabuhan yang besar sekali termasuk untuk reklamasinya di Rotterdam. Saya ingin ini diterapkan untuk Pulau O, P, dan Q yang luasnya lebih 100 ha di sebelah Marunda dan Tanjung Priok. Tentu akan lebih bagus kalau kita menggandeng yang sudah punya pengalaman,” ujar Basuki usai menerima kunjungan Walikota Rotterdam Ahmed Aboutaleb di Balaikota, Jakarta, Senin (24/8).

Ilustrasi

Ilustrasi

Nantinya, lanjut Ahok, ketiga pulau ini akan dijadikan pusat logistic. Bukan hanya untuk Jakarta tapi juga untuk Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Untuk itu diperlukan pelabuhan laut dalam dan lokasinya sangat tepat bila dibangun di tiga pulau ini. Hal ini akan berdampak positif bagi Pelabuhan Tanjung Priok karena saat ini 60-70 persen keluar masuknya barang melalui pelabuhan ini.

“Jadi pengembangan Pelabuhan Tanjung Priok dan reklamasi pulau ini akan terkoneksi dengan tol laut gagasannya Presiden Joko Widodo (Jokowi). Untuk membangun ini bukan hanya biaya yang kita butuhkan tapi juga pengalaman dan yang paling cocok adalah Rotterdam. Ide ini sudah digagas sejak Gubernur Fauzi Bowo,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me