Milenial Sanggup Beli Hunian Kok, Semangat Dong!

Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)Sepanjang kuartal II/2017 ini, pasokan hunian vertikal terus bertambah. Sederetan perusahaan pengembang merilis proyek terbarunya.Ada lima proyek apartemen baru yang melakukan ...

  • propertidata
  • 2017.07.27
  • 158

    view

  • Milenial Sanggup Beli Hunian Kok, Semangat Dong!



    Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

    Sepanjang kuartal II/2017 ini, pasokan hunian vertikal terus bertambah. Sederetan perusahaan pengembang merilis proyek terbarunya.

    Ada lima proyek apartemen baru yang melakukan launching yaitu Aerium, Tomang Park, TBS, Southgate Residence, dan Jakarta Living Star.

    Baca juga: Hmm, Mau Tau Warna Favoritnya Generasi Milenial?

    Secara keseluruhan lima proyek ini terdiri atas 3.510 unit. JJL Indonesia melansir data bahwa jumlah existing stock apartemen di Jakarta dan sekitarnya mencapai 134.536 unit. Pasokan akan bertambah di masa depan sebanyak 59.054 unit.

    Kebanyakan dari unit apartemen yang dirilis merupakan hunian untuk pangsa pasar menengah dan menengah ke bawah. Sementara untuk apartemen mewah tidak terlalu banyak.

    Baca juga: Hanya 17,8 Persen Generasi Milenial Bisa Beli Hunian, Sisanya Masih Ngontrak!

    JLL Indonesia menyatakan, permintaan terbanyak memang berasal dari kalangan bawah yang menginginkan unit apartemen dengan harga terjangkau dan luas unit yang kecil. Harga untuk apartemen kelas bawah terentang dari Rp500 juta hingga Rp1,5 miliar.

    Head of Research JLL Indonesia, James Taylor, memaparkan, generasi milenial yang tergolong first time home buyer masih bisa memiliki hunian meski pendapatan mereka masih terbatas.

    Baca juga: Facebook Bangun 1.500 Hunian, Siapa Generasi Milenial yang Mau Tinggal Di Sini?

    “Seperti yang kami katakan, bagi milenial pendapatan memang terbatas, itulah kenapa perusahaan pengembang menawarkan unit yang kecil dan murah dengan pembayaran yang bisa dimudahkan untuk beberapa kasus,” ujar Taylor kepada Rumah123.

    Menurut James, belakangan ini pemerintah sudah membuat beberapa kebijakan sebut saja rasio loan to value (LTV) yang meningkat dan menurunkan suku bunga untuk meningkatkan kemudahan memiliki hunian. Selain itu, masih ada faktor yang penting menurut James.

    Baca juga: Hati-Hati Godaan Gaya Hidup Bikin Generasi Milenial Ga Bisa Punya Rumah

    “Faktor krusial adalah suku bunga yang berdampak pada jumlah cicilan. Selisih harga masih terjangkau bagi pasangan muda atau milenial dengan pendapatan ganda, bahkan beberapa di antara mereka biasanya mencari dukungan dana dari orang tua untuk memperoleh uang muka,” katanya lagi.

    “Biasanya first time buyer alias mereka yang baru mencari hunian pertama kali biasanya mencari unit yang lebih murah, biasanya juga pada harga terendah yang ada,” katanya lagi.

    Baca juga: Bisa Beli Moge, Masa Milenial Ga Bisa Beli Rumah Sih?

    Nah, kalau pendapatan kamu terbatas, sebenarnya kamu masih bisa beli hunian kok! Sudah banyak perusahaan pengembang yang menawarkan unit dengan ukuran luas yang kecil, harga terjangkau, dan cicilan yang ringan.

    Makanya jangan berhenti untuk mencari. Datang ke pameran properti atau berselancar mengunjungi situs properti. Yuk, beli rumah. Ayo, beli apartemen. Investasi properti itu penting dan menguntungkan lho!

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci