100 Pencakar Langit Akan Menjulang di Cikarang

Housing-Estate.com, Jakarta - Meikarta (500 ha) akan menjadi mega proyek properti paling akbar di Indonesia. Proyek ambisius yang digagas James T Riady, CEO Lippo Group, di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, ...

  • propertidata
  • 2017.08.02
  • 1682

    view

  • 100 Pencakar Langit Akan Menjulang di Cikarang

    Housing-Estate.com, Jakarta - Meikarta (500 ha) akan menjadi mega proyek properti paling akbar di Indonesia. Proyek ambisius yang digagas James T Riady, CEO Lippo Group, di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, menyatu dengan Lippo Cikarang dan Orange County (322 ha) itu akan menelan investasi Rp278 triliun. Kawasan ini akan disulap menjadi pusat bisnis gemerlap berstandar internasional.

    “Konsep pengembangan proyek ini sebagai kota baru. Nantinya di sini akan ada 100 gedung pencakar langit setinggi 35-46 lantai dengan pengembangan fasilitas kota hingga luasnya mencapai 3.250 ha. Kota baru ini akan berjalan dengan industri sebagai basis ekonominya,” ujar Presiden Direktur Lippo Cikarang Toto Bartholomeus, di Jakarta, Rabu (2/8).

    Selain itu di dalamnya juga akan dibangun apartemen, 10 pusat belanja, hotel, perkantoran, dan pusat komersial, rumah sakit, kampus perguruan tinggi domestik dan asing, puluhan sekolah, dan sejumlah fasilitas lain. Tidak ada penjelasan gamblang berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek gigantik itu. Pembangunan apartemennya sudah dimulai kendati Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mizwar menginstruksikan agar aktifitas pembangunan dan pemasarannya dihentikan terkait perizinan.

    Terlepas dari hal itu,  Toto menyebutkan besarnya potensi bisnis dan ekonomi dari pengembangan proyek ini. Apalagi Cikarang sejak beberapa tahun lalu menjadi pusat pertumbuhan dan kekuatan ekonomi melalui pengembangan industri yang cukup masif. Ke depan potensinya semakin besar didorong pembangunan infrastruktur yang tidak kalah masif. Misalnya jalan tol Jakarta-Cikampek 2 (elevated highway), light rail transit (LRT) Cawang-Bekasi Timur, kereta cepat Jakarta-Bandung, pembangunan Patimban Deep Seaport, bandara baru Kertajati International Airport, dan monorel yang disebut automatic people mover (APM).

    Beberapa proyek infrastruktur itu akan mengoneksikan beberapa kawasan industri di Cikarang dan sekitarnya, seperti Lippo Cikarang, Jababeka, dan MM2100.

    Toto mengajak masyarakat membayangkan potensi bisnis sektor properti 20 tahun ke depan. Saat itu semua infrastruktur dan fasilitas sudah siap semuanya, roda ekonomi  berjalan dan harga properti akan melambung. Populasi di Bekasi-Cikarang dan sekitarnya diperkirakan mencapai 15 juta orang yang menjadi potensi pasar sangat besar untuk sektor properti.

    “Makanya kami tetap bekerja keras menyiapkan pengembangan proyek baru karena potensinya memang sangat besar.  Koridor Jakarta-Bandung itu menyumbang 60 persen ekonomi nasional, bahkan kalau ditarik Jabodetabek-Bandung sumbangannya mencapai 70 persen,” imbuhnya.

    housing-estate.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci