Rumah Orang Kaya Belanda Ini Berubah Jadi Istana Kepresidenan

Istana Negara, Jakarta (Rumah123/Wikimapia)Istana Negara? Hmm, pastinya kamu nggak familiar dibandingkan dengan Istana Merdeka. Namun, bagi kamu yang tinggal di Jakarta dan melewati Jalan Veteran, maka ...

  • propertidata
  • 2017.08.17
  • 1577

    view

  • Rumah Orang Kaya Belanda Ini Berubah Jadi Istana Kepresidenan



    Istana Negara, Jakarta (Rumah123/Wikimapia)

    Istana Negara? Hmm, pastinya kamu nggak familiar dibandingkan dengan Istana Merdeka. Namun, bagi kamu yang tinggal di Jakarta dan melewati Jalan Veteran, maka kamu akan paham.

    Istana ini terletak masih satu kawasan dengan Istana Merdeka yang berada di Jalan Medan Merdeka Utara. Kompleks ini memiliki luas 6,8 hektar.

    Baca juga: Rumah Ini Pernah Disewa Neymar Rp119 Juta Per Malam!

    Gedung yang menjadi Istana Negara ini sudah terbilang tua. Bangunan ini didirikan pada jaman penjajahan Belanda tepatnya pada 1796.

    Awalnya, bangunan ini merupakan rumah peristirahatan milik pengusaha Belanda, Jacob Andries van Braam. Saat itu, rumah ini sempat bernama Istana Rijswijk lantaran berada di Jalan Rijkswijk.

    Baca juga: Ga Masalah Kok Ngutang Asal Produktif Buat Investasi Properti

    Sementara kawasan istana dan sekitarnya bernama Weltervreden. Dalam bahasa Belanda, weltervreden berarti “sangat memuaskan”.

    Kawasan ini tertata cantik dengan pohon-pohon yang dipangkas seperti halnya taman di Eropa. Kawasan ini memang menjadi lokasi hunian pada pejabat elit dan pengusaha Belanda.

    Baca juga: Pernah Kemalingan, Kendall Jenner Jual Rumahnya

    Pada 1821, istana Rijswijk ini dibeli oleh pemerintah Belanda. Bangunan ini menjadi pusat pemerintahan dan juga kediaman Gubernur Jenderal Belanda di Batavia atau Jakarta.

    Istana ini menjadi saksi bisu, saat Gubernur Jenderal Godert van der Capellen mendengarkan rencana Jenderal Hendrik Merkus De Kock untuk mengalahkan perlawanan Pangeran Diponegoro.

    Baca juga: Bangunan Miring? Wah, Menara Pisa yang Paling Terkenal Lho

    Selain itu, Gubernur Jenderal Johannes van den Bosch juga membuat kebijakan tanam paksa atau cultuur stelsel di istana ini. Kamu pasti nggak belajar sejarah seperti ini saat sekolah, kan?

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci