Pasar Rumah Kecil Tidak Ada Matinya

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pasar rumah menengah dan menengah atas boleh terpuruk tapi permintaan rumah kecil justru sebaliknya. Apalagi permintaan rumah murah alias hunian bersubsidi, berapa pun suplainya dalam waktu singkat habis. Contohnya Kalisuren Paradise di Kalisuren, Tajurhalang, Bogor, selama seminggu ikut pameran dalam BTN Property Expo yang berakhir akhir pekan lalu di JCC Jakarta, rumah yang terjual sebanyak 150 unit. Tipe rumahnya 22/60 dan 28/60 seharga Rp85 – 115 juta. Saking banyaknya permintaan PT Riscon Realty, pengembangnya, pada tiga hari sebelum penutupan pameran membatasi penjualan 10 unit per hari.

Kalisuren Paradise

Kalisuren Paradise

“Permintaannya sangat banyak, booking-nya murah, awalnya hanya Rp500 ribu kemudian kita naikkan menjadi satu juta,” ujar Aviv Mustagfirin, Direktur Riscon, kepada housing-estate.com, di Jakarta, baru-baru ini.

Total jenderal dalam sembilan hari pameran Riscon membukukan penjualan 350 rumah dari beberapa perumahan selain Kalisuren Paradise. Antara lain Bojong Gede Residence dan Bukit Hijau Ciomas di Bogor, Grand Depok Residence dan Bukit Tampayan Riverview di Depok, Bambu Apus Residence di Jakarta Timur.

Manager Marketing Metland Cileungsi (130 ha) di Jl Raya Setu, Cileungsi, Bogor, menyatakan hal serupa. Menurut Yanti, penjualannya rata-rata 50 – 60 unit per bulan. “Angka ini sudah turun, sebelumnya di atas itu,” katanya.

Perumahan yang dikembangkan PT Metropolitan Land Tbk itu termasuk yang paling terjangkau di kawasan. Harga rumahnya Rp300 – 400 jutaan tipe 36/72 – 44/98. Konsumennya end user. Dari 8.000 rumah yang terbangun, 7.500 unit di antaranya sudah dihuni. Karena itu pada Oktober mendatang Metland Cileungsi berencana melansir klaster baru. “Tapi ini bergantung kantor pusat, sekarang masih dibahas,” imbuhnya.

Pratama Residence (112 unit) di Jl Padurenan III, Gunung Sindur, Bogor, menjadi indikasi lain larisnya penjualan rumah mungil.  Koordinator Pemasaran Pratama Residence, Elia Ratna, mengatakan, dalam BTN Property Expo 2015 rumahnya terjual 40 unit. Perumahan ini menyasar profesional muda dan pasangan keluarga muda. Bahkan tidak sedikit konsumennya bujangan yang akan melangsungkan pernikahan. Semuanya rumah mungil tipe 34/60, 38/72, 38/122 seharga Rp222,6 – 337 juta.

Beberapa perumahan itu lokasinya mudah diakses dari Jakarta. Pratama Residence, misalnya, sekitar 10 menit dari Pasar Parung. Ke Serpong, Tangerang Selatan, sekitar 20 menit. Kalisuren Paradise sekitar empat kilometer dari Jl Raya Parung melalui kompleks Arco. Selain lokasi larisnya beberapa perumahan itu karena menawarkan uang muka ringan. Di Kalisuren Paradise konsumen tidak perlu membayar depe, sedangkan Metland Cileungsi depe-nya 10 persen diangsur 8 kali. Pajak pertambahan nilai (PPN) serta bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPTHB) masing-masing 10 dan 5 persen juga free.

housing-estate.com