Kimia Farma di Panggung Persaingan Bisnis Properti (6)

Salah satu BUMN yang ikut tergiur dengan bisnis properti sekaligus memanfaatkan asetaset tak produktifnya adalah PT Kimia Farma Tbk. Untuk tahun ini, PT Kimia Farma Tbk (KAEF) akan ekspansi ke bisnis properti ...

  • propertidata
  • 2017.08.18
  • 1410

    view

  • Kimia Farma di Panggung Persaingan Bisnis Properti (6)

    Salah satu BUMN yang ikut tergiur dengan bisnis properti sekaligus memanfaatkan asetaset tak produktifnya adalah PT Kimia Farma Tbk. Untuk tahun ini, PT Kimia Farma Tbk (KAEF) akan ekspansi ke bisnis properti dengan membangun superblok di Bandung, yang terdiri atas hotel, rumah sakit, sekolah, dan pusat perbelanjaan. Perseroan menyiapkan dana sebesar Rp 1,3 triliun.

    Dilansir dari media Investor Daily, Direktur Pengembangan Bisnis Kimia Farma Pujianto mengatakan, pihaknya bakal membangun proyek tersebut di lahan seluas tujuh hektare (ha) pada 2018 mendatang. Sesuai rencana, perseroan berencana merelokasi pabrik di Padjajaran ke wilayah Banjaran untuk mendukung ekspansi. Sejauh ini, konstruksi untuk pabrik baru tersebut sudah mencapai sekitar 45% dan diproyeksikan rampung pada 2018.

    Sebelumnya atau tepatnya pada 2014 lalu, perseroan mengumumkan ren cana untuk mengembangkan tiga proyek properti hotel dari 10 yang direncanakan di dua lokasi yaitu, di Bandung dan satu di Jakarta. Hotel ini nantinya akan terintegrasi dengan apotek dan klinik yang dimiliki perseroan.

    Langkah tersebut diambil untuk memaksimalkan aset berupa lahan yang dimiliki badan usaha milik negara (BUMN) tersebut. Untuk menggarap bisnis ini pihak Kimia Farma memilih menggunakan skema Build Operate Transfer (BOT). Artinya, perseroan berkode emiten KAEF ini hanya menyediakan tanah, sedangkan kontraktor akan membangun hotel tersebut. Dengan demikian, perseroan tidak perlu menyiapkan anggaran khusus untuk merambah bisnis properti tersebut.
    (Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:

    https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia

    atau:

    https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia

    (Lebih Praktis dan lebih ekonomis)

    mpi-update.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci