REI Sumatera Utara Optimis Target 7.500 RTS Tercapai

Big Banner

(Berita Daerah – Sumatera) Real Estate Indonesia (REI) Sumatera Utara optimis dapat mencapai target pembangunan rumah sejahtera tapak (RST) sebanyak 7.500 unit pada tahun ini. Optimisme ini didorong dengan realisasi pembangunan hingga Agustus 2015 yang telah mencapai 4.700 unit.

Ketua REI Sumatera Utara Umar Husein di Medan, Minggu (30/8) mengatakan bahwa keyakinan bisa mencapai target semakin kuat dengan melihat dua hal yaitu realisasi yang sudah di atas 50 persen hingga awal Agustus atau 4.700 unit dan komitmen pemerintah yang semakin kuat untuk mendorong realisasi pembangunan satu juta unit RST (rumah sejahtera tapak).

Seperti diketahui jika Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus melakukan berbagai kebijakan terkait mendorong program sejuta rumah itu. Pada pekan lalu Menteri PU dan Perumahan Rakyat mengumpulkan pelaku dan ahli perumahan untuk membahas kesulitan dan langkah-langkah program membangun sejuta rumah dan soal lainnya di sektor perumahan.

Komunikasi dan koordinasi yang terus dilakukan itu tentunya diharapkan bisa mengatasi hambatan dalam menjalankan program sejuta rumah. Ditambah lagi dengan dukungan dari pihak terkait lainnya seperti Bank Indonesia (BI) yang juga melakukan berbagai kebijakan untuk bisa memudahkan jual-beli RST.

Saat ini minat pembeli RST juga semakin tinggi karena berbagai faktor, mulai dari harga yang sudah ditetapkan dan adanya penurunan bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Bunga FLPP turun dari sebelumnya sebesar 7,25 persen menjadi 5 persen.

Umar Husein mengungkapkan dengan adanya penghapusan PPN dan bantuan uang muka perumahan bagi MBR (masyarakat berpenghasilan rendah) juga semakin sangat membantu, karena dapat meringankan masyarakat untuk membeli rumah.

Dengan realisasi pembangunan sudah 4.700 unit hingga awal Agustus, maka target 7.500 RST tahun 2015 diyakini akan tercapai. Meskipun begitu anggota REI tetap berharap adanya dukungan kuat khususnya dari pemerintah kabupaten atau pemerintah kota dimana RST akan dibangun. Oleh karena itu yang perlu digenjot saat ini adalah komitmen komitmen pemerintah provinsi/kabupaten/kota untuk mewujudkan program sejuta rumah.

Pada tahun 2015 ini REI menargetkan dapat membangun 247.725 unit yang terdiri dari 217.725 unit RTS dan 30.000 unit rumah susun sederhana milik (rusunami), sebagai kontribusi terhadap program sejuta rumah oleh pemerintah. Hingga Juni 2015, REI telah merealisasikan 114.836 unit yang tersebar di 26 provinsi.

Akbar Buwono/Regional Analyst at Vibiz Research/VM/BD
Editor : Riris Juanita
image: ant

mpi-update.com