Beda dengan Jakarta, Lahan Parkir Terbesar di Stasiun Kereta Ini Untuk Sepeda

Tempat Parkir Sepeda di Stasiun Kereta di Belanda yang Dirancang oleh Ector Hoogstad Architecten (Rumah123/Dezeen)Biro arsitek asal Belanda, Ector Hoogstad Architecten baru saja menyelesaikan tahap pertama ...

  • propertidata
  • 2017.08.31
  • 1781

    view

  • Beda dengan Jakarta, Lahan Parkir Terbesar di Stasiun Kereta Ini Untuk Sepeda



    Tempat Parkir Sepeda di Stasiun Kereta di Belanda yang Dirancang oleh Ector Hoogstad Architecten (Rumah123/Dezeen)

    Biro arsitek asal Belanda, Ector Hoogstad Architecten baru saja menyelesaikan tahap pertama dari pembangunan fasilitas parkir terbesar untuk sepeda di kawasan Central Station, Utrecht, Belanda.

    Lokasi tempat parkir ini berada di bawah stasiun yang juga didesain oleh Ector Hoogstad Architecten. Fasilitas ini memiliki luas 17.100 meter persegi.

    Baca juga: Mau Hadir di Piala Dunia 2022? Ada Stadion Berbentuk Peci Lho

    Saat ini, tempat parkir ini bisa memuat 6.000 sepeda pada tiga lantai. Sebanyak 1.500 tempat parkir sepeda akan selesai dalam beberapa bulan sebelum 2017 berakhir.

    Pada akhir 2018, lahan parkir ini bisa menampung 12.500 sepeda! Kabarnya, tempat parkir sepeda di Stasiun Utrecht ini akan menjadi yang terbesar di dunia.

    Baca juga: Gaji Kecil, PHK, dan Inflasi Bikin Penjualan Hunian Turun Drastis

    Lahan parkir ini buka selama 24 jam, 7 hari dalam seminggu. Pengelolaannya dilakukan Pemerintah kota Utrecht, lembaga pemerintah ProRail dan operator kereta NS Dutch Rail.

    Para pengendara sepeda masuk dan keluar ke lokasi parkir ini dengan melewati sistem satu pintu. Para pengendara akan dipandu menuju lahan parkir yang kosong oleh sistem digital dan memarkir sepeda memakai kartu chip transportasi publik.

    Baca juga: Perangi Teroris di Perkotaan? Lawan Pakai Pepohonan Aja

    Tarif parkir adalah gratis untuk 24 jam pertama, namun belum diungkapkan berapa tarifnya setelah itu. Selain itu, para pengendara juga dapat memanfaatkan poin service untuk perbaikan, perawatan, pembelian aksesoris dan suku cadang.

    Wah, hebat ya Belanda. Tapi nggak usah heran sih karena 36 persen penduduk Belanda menggunakan sepeda sebagai transportasi sehari-hari. Persentasenya bis mencapai 46 persen untuk kota yang lebih kecil.

    Baca juga: Kawasan Sub Urban Lebih Hidup Karena Pengaruh Milenial, Beneran Lho

    Hmm, kalau di Indonesia bisa jadi lahan parkir yang besar di kawasan stasiun sudah tentu untuk motor! Kapan ya Indonesia bisa seperti Belanda, punya lahan parkir sepeda sebesar ini.

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci