Perkembangan Pembangunan Jalan di Kalimantan, NTT, Papua

Big Banner

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginformasikan perkembangan pembangunan jalan di wilayah Kalimantan, Nusa Tenggara Barat (NTT) dan Papua melalui media sosial Facebook. Menurutnya, pembangunan jalan di ketiga wilayah tersebut menunjukkan kemajuan yang menggembirakan. 

Per Agustus 2015, jalan perbatasan Kalimantan telah membentang sepanjang 771,36 kilometer dari Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, sampai Kalimantan Timur. Ruas jalan yang sudah diaspal sepanjang 188,37 kilometer dan ruas jalan yang sudah fungsional sebagai jalan tembus 441,7 kilometer. Sedangkan jalan perbatasan NTT membentang sepanjang 171,56 kilometer.

Pemerintah menargetkan membangun jalan sepanjang 47 kilometer sampai akhir 2015, sepanjang 67,61 kilometer pada 2016, dan sepanjang 56,95 kilometer pada 2017 serta jalan Trans Papua sepanjang 4.325 kilometer. Namun, sampai saat ini jalan yang sudah teraspal baru mencapai 2.075 kilometer. Pemerintah menargetkan pembangunan jalan Trans Papua tersebut bisa rampung pada 2019.  

Adapun total anggaran tahun 2015 untuk jalan perbatasan Kalimantan, NTT dan Papua adalah Rp 2 triliun. Jokowi mengatakan, dengan pembangunan jalan tersebut diharapkan hubungan antar wilayah bisa terakses lebih mudah untuk meningkatkan perekonomian daerah perbatasan. 

“Pembangunan infrastruktur memudahkan pergerakan dan hubungan antar wilayah. Rakyat akan menikmati turunnya biaya logistik karena efisiensi biaya transportasi. Daerah perbatasan adalah halaman depan rumah Indonesia,” tulis Jokowi, seperti informasi yang diterima Rumahku.com.

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me