Jerman Siap Kucurkan Rp 32 Triliun untuk Pembangunan RI

Big Banner

Hubungan kerjasama bilateral antara Indonesia dan Jerman terjalin dengan baik. Kreditanstalt fur Wiederaufbau (KfW) atau Bank Pembangunan Jerman mengatakan bahwa pihaknya sangat siap untuk mengucurkan dana 2 miliar euro atau sekitar Rp 32 triliun untuk pembangunan Indonesia. 

Rencananya, anggaran sebesar itu akan digunakan untuk pembangunan dan pengembangan sumber daya energi baru dan terbarukan di Indonesia yang dapat mengurangi polusi. 

“Saat ini kami mempunyai dana sebanyak 2 miliar Euro untuk digunakan pengembangan pembangunan berbasis ramah lingkungan di Indonesia,” ujar Georg Witschel, Duta Besar Jerman untuk Indonesia, seperti informasi yang diterima Rumahku.com

Adapun alasan Jerman siap menggelontorkan dana Rp 32 triliun tersebut adalah karena tingkat polusi udara di Indonesia sudah cukup tinggi. Sebagai negara berkembang, Jerman melihat Indonesia harus mampu membangun negaranya tanpa menambah tingkat polusi yang ada.  

“Polusi dan gangguan alam menjadi faktor utama. Jika Indonesia mampu berkembang tanpa menambah polusi itu menjadi keuntungan juga bagi Jerman dan dunia,” jelasnya. 

Selain itu, Jerman juga menganggap Indonesia merupakan pasar yang menarik untuk mengembangkan bisnis. Rencananya, kerjasama tersebut akan difokuskan untuk pengembangan energi baru, seperti tenaga air, panas bumi, serta sistem jaringan listrik di Jawa-Bali. 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me