Pemanfaatan Tanah Harus Sesuai Tata Ruang

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) terus berupaya agar setiap bidang tanah dimanfaatkan secara maksimal. Menurut Plt. Dirjen Pengendalian Pemanfaatan Ruang dan Penguasaan Tanah Firman Mulia Hutapea, ini sesuai dengan salah satu fungsi strategis Kementerian ATR/BPN, yaitu pengendalian pemanfaatan ruang dan penguasaan tanah.

Ilustrasi

Ilustrasi

“Kami memiliki obsesi agar tidak ada lagi tanah terlantar. Salah satu caran yang kami tempuh dengan memperketat permohonan hak guna usaha (HGU) dengan melihat komitmen perusahaan baik dari segi finansial, kemampuan manajemen, dan  kemanfaatan bagi masyarakat,” ujarnya pada rapat konsultasi teknis pengendalian dan pemantauan pertanahan di Jakarta, awal pekan ini.

Ia menyatakan, apabila masih ada yang menyebut soal tanah terlantar itu mengindikasikan perusahaan-perusahaan pemegang HGU tidak memanfaatkan lahan dengan maksimal. Pengaturan pertanahan itu untuk menghindari terjadinya ekslusifitas dalam pemanfaatannya. Pemilik tanah atau pemegang hak tidak boleh sesukanya memanfaatkan tanpa mengindahkan kepentingan publik. Untuk itu pemanfaatan tanah harus sesuai dengan tata ruang yang sudah ditetapkan.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me