Kota Harapan Indah Gandeng Perancang WTC New York  

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Damai Putra Group menggandeng sejumlah konsultan kelas dunia untuk pengembangan lebih lanjut Kota Harapan Indah (2.200 ha) di Jl Sultan Hamengkubuwono, Bekasi, Jawa Barat. Salah satunya SOM (Skidmore, Owings, and Merrill) yang merupakan konsultan masterplan ternama di dunia yang merancang World Trade Center (New York), Sears Tower (Chicago), Beijing CBD Masterplan (Beijing), dan Canary Wharf Masterplan (London). SOM diminta melakukan revisi masterplan Kota Harapan Indah (KHI) yang diselesaikan pada akhir kuartal ketiga tahun ini.

Courts Megastore Bekasi

Courts Megastore Bekasi

“Sebagai partner lokal SOM menggandeng PDW (Pandega Desain Weharina) yang merupakan konsultan masterplan nasional,” ujar Tasya Manuputty, Marketing Communication Damai Putra Group kepada housing-estate.com di Jakarta, Jumat (4/9). Dalam proyek ini PDW akan mendetailkan desain masterplan SOM agar sesuai dengan aturan dan budaya Indonesia.

Selain merevisi masterplan, Damai Putra Group juga menunjuk beberapa konsultan luar negeri untuk merancang sistem lalu lintas (traffic management), pengembangan infrastruktur, dan tata kelola air. Pamintori ditunjuk sebagai traffic consultant untuk memprediksi arus lalu lintas di KHI dan mencegah kepadatan kendaraan dengan menyesuaikan lebar jalan yang akan dibuat.

SOM juga didukung Mott MacDonald, konsultan ternama di bidang infrastruktur yang berbasis di Inggris. Untuk mengelola tata air dan mencegah banjir, terang Tasya, pihaknya menggunakan jasa Royal Haskoning, konsultan hidrologi asal Belanda yang sudah berpengalaman sejak tahun 1881. “Sesuai rekomendasi Johanes Wibowo, partner lokal Royal Haskoning, ke depan di KHI akan menyediakan pond (kolam buatan) untuk menampung air hujan sebelum air dialirkan ke sungai,” katanya.

Tasya menyebutkan untuk melengkapi fasilitas yang sudah ada tahun depan pihaknya berencana memulai pembangunan mal. Pusat gaya hidup ini akan dibangun dalam kawasan superblok yang di dalamnya akan dilengkapi apartemen dan office park. Kelak jika mal ini terbangun KHI akan menjadi kawasan kota baru paling lengkap di kawasan. Fasilitas yang sudah ada saat ini antara lain hotel, rumah sakit, hyper market, Courts Megastore, waterpark, pusat kuliner, pasar modern, sentra bisnis, sekolah, dan komersial.

housing-estate.com