Langkah Mudah Menghemat Air Saat Musim Kemarau

Big Banner

KOMPAS.com – Musim kemarau mengakibatkan kekeringan di sejumlah daerah di Indonesia. Pasokan air bersih pun terbatas, sehingga memengaruhi aktivitas mandi-cuci-kakus (MCK) di rumah.

Sebelum pasokan air bersih benar-benar habis, ada baiknya dari sekarang kita mulai menghemat penggunaannya.

Berikut ini beberapa langkah mudah menghemat penggunaan air bersih untuk keperluan rumah tangga.

1. Matikan keran

Matikan keran ketika Anda tidak menggunakan air yang mengalir baik saat menggosok gigi ataupun menyabuni badan. Langkah ini dapat menghemat setidaknya 6 liter air yang terus mengalir setiap menitnya.

2. Wadah air

Ada baiknya Anda memilik wadah penampungan air yang isinya bisa digunakan untuk membilas toilet secukupnya, sehingga Anda tidak harus selalu mengandalkan sistem penyiraman kloset yang mengeluarkan air dalam volume besar.

3. Mandi singkat

Hindari kebiasaan mandi yang memakan banyak waktu, karena selama aktivitas mandi setidaknya sebanyak 6 liter hingga 45 liter air yang terbuang percuma.

4. Mencuci efisien

Ketika menggunakan mesin cuci, Anda bisa memenuhinya dengan air semaksimal mungkin agar nantinya Anda tak perlu lagi mengulang aktivitas mencuci.

5. Perbaiki keran bocor

Meskipun hanya bocor kecil dan air yang keluar setetes demi setetes, sebaiknya keran tetap diperbaiki sebelum kebocoran semakin parah. Keran yang bocor dapat menghabiskan air hingga 15 liter sehari.

6. Tampung air hujan

Air hujan yang ditampung dalam gentong ataupun bak lainnya bisa dimanfaatkan untuk menyirami tanaman ataupun mencuci mobil.

7. Siram tanaman secukupnya

Menyirami tanaman dengan pot penyiraman akan lebih efisien karena tidak mengeluarkan air seboros ketika kita menggunakan selang.

8. Pasang meteran air

Pantau penggunaan air agar hanya digunakan sesuai kebutuhan penting. Anda bisa menggunakan meteran air untuk membantu mengontrol penggunaannya.

9. Teknologi hemat air 

Ketika Anda harus membeli perabot rumah tangga yang baru, ada baiknya pilih perabot yang sudah dilengkapi dengan sistem hemat air. Contohnya kloset dengan penyiraman ganda (besar dan kecil), shower hemat air, dan mesin cuci yang membutuhkan sedikit air.

 

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me