Langkah Tepat Memulihkan Pasar Properti Indonesia

Big Banner
Pasar properti IndonesiaPasar properti Indonesia

Propertinet.com – Pasar properti Indonesia masih mempunyai harapan untuk kembali pulih berjaya seperti masa 2012-2013. Harapan tersebut bisa terwujud jika pemerintah mau melakukan langkah yang tepat.

Pertama adalah promosi berkesinambungan, dan menjalin koneksi dengan perusahaan-perusahaan atau lembaga asing berpengaruh terkait potensi investasi di Indonesia.

Mereka akan memberikan rating bagi kondisi investasi di negara ini. Penilaian mereka akan sangat memengaruhi keputusan perusahaan dan lembaga investasi asing tersebut apakah akan masuk Indonesia atau tidak.

Perusahaan kategori 500 Fortune, dan juga lembaga pemeringkat macam Standard & Poor, Fitch, dan Moody punya “kekuasaan” untuk membentuk kepercayaan pasar global terhadap Indonesia.

           Baca Juga!

 

Kepercayaan pasar sangat bergantung pada rating yang mereka buat. Karena itulah, pemerintah harus mengemas promosi Indonesia sebaik, dan semaksimal mungkin.

Sebagai contoh, saat industri atau pabrik baru dibuka, butuh dua sampai tiga tahun untuk beroperasi. Dalam interval waktu selama itu, tentu akan ada banyak ekspatriat yang terlibat dalam proses persiapan produksi tersebut. Mereka sebagai pasar potensial bagi bertambahnya devisa negara melalui pembelian properti.

Kemudian, pembentukan Real Estate Investment Trusts (REITs) atau Dana Investasi Real Estat (DIRE). Ini merupakan salah satu instrumen investasi baru yang secara hukum di Indonesia akan berbentuk Kontrak Investasi Kolektif (KIK).

REITs diartikan sebagai kumpulan uang pemodal yang oleh perusahaan investasi akan dibenamkan ke dalam bentuk aset properti baik secara langsung seperti membeli gedung maupun tidak langsung dengan membeli saham/obligasi perusahaan properti.

Potensi aset REITs di Indonesia ini luar biasa besar yakni sekitar 5 miliar dollar AS atau setara Rp 71 triliun.

propertinet.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me