Rawat Karpet di Rumah dengan 4 Langkah Ini

Big Banner

Karpet merupakan salah satu perlengkapan rumah yang dapat dijadikan sebagai pemanis ruangan. Selain itu, karpet juga dapat digunakan sebagai alas duduk untuk Anda dan keluarga agar tidak bersentuhan langsung dengan lantai, sehingga dapat membuat Anda merasa lebih hangat dan nyaman ketika menghabiskan waktu bersama keluarga.

Karpet yang digunakan di rumah tidak dapat dianggap enteng dalam perawatannya. Apabila karpet dibiarkan kotor terus menerus dapat menjadi sarang kuman dan bakteri yang malah berbahaya bagi kesehatan keluarga Anda.

Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan guna merawat karpet di rumah agar tetap aman dan nyaman untuk digunakan.

Bersihkan secara berkala

Anda harus rajin membersihkan karpet secara berkala. Meski terlihat bersih, debu atau kotoran tak terlihat pada karpet dapat menumpuk dan berdampak buruk bagi kesehatan keluarga. Anda dapat menggunakan vacuum cleaner atau mengebas karpet di tempat terbuka.

Jangan dicuci menggunakan deterjen

Apabila ingin mencuci karpet, hindari penggunaan deterjen atau cairan-cairan pembersih yang mengandung sabun. Busa pada sabun dapat meninggalkan residu yang malah mengikat debu di karpet. Selain itu, residu pada sabun juga membuat karpet menjadi mudah sobek.

Jemur karpet di tempat yang terkena cahaya matahari

Meski sudah dibersihkan secara rutin, ada baiknya bila karpet dijemur di tempat yang terkena cahaya matahari. Hal ini untuk membunuh kuman-kuman atau bakteri yang tertinggal ketika dibersihkan.

Gunakan alas kaki

Banyak yang beranggapan bahwa berjalan tanpa alas kaki di rumah dapat membuat karpet bersih dalam jangka waktu yang lebih lama. Padahal, kaki mengeluarkan keringat dan juga minyak. Hal ini dapat membuat kotoran yang menempel pada kaki berpindah dan melekat pada karpet. Gunakan kaos kaki atau alas kaki lainnya di rumah lalu melepaskannya ketika menginjak karpet.

Demikianlah langkah-langkah yang dapat dilakukan agar karpet menjadi bersih , tahan lama, aman dan nyaman untuk digunakan. Untuk membersihkannya secara alami, Anda dapat menggunakan sebotol cuka putih yang dicampur dengan segalon air lalu menyiramkannya ke atas karpet, sikat, lalu bersihkan dengan air bersih. Setelah itu keringkan, dan jangan digunakan apabila masih terasa lembab.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me