Gratiskan Pajak Rumah Rp1 M Dinilai Rawan Penyelewengan

Big Banner

JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menggratiskan biaya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bagi warga DKI Jakarta yang tinggal di Rumah Susun (Rusun) dan rumah warga yang berharga di bawah Rp1 miliar.

Pengamat perpajakan, Yustinus Prastowo menilai, jika hal tersebut terealisasi, Pemda DKI harus memperkuat sistem administrasi data tersebut. Pasalnya, penghapusan pajak ditakutkan diselewengkan oleh oknum.

“Maksudnya begini, dengan administrasi yang bagus, WP yang memiliki kepemilikan rumah lebih dari satu khususnya rumah di atas Rp1 miliar, Pemda bisa menindaklanjuti hal ini untuk diproses,” tutur Yustinus kepada Okezone di Jakarta, Rabu (9/9/2015).

“Yang penting, administrasinya bagus sehinga tidak disalahgunakan oleh wajib pajak untuk dimanfaatkan,”sambung dia.

Yustinus mengingkatkan, jika nanti penghapusan pajak rumah dibawah Rp1 miliar terwuju, Pemda DKI harus dan wajib perhatikan WP yang memiliki rumah diatsa Rp1 miliar. “Ini kan agar semuanya tepat sasaran,”tuturnya.

Dirinya menuturkan jika penerimaan pajak rumah DKI setiap tahunnya mencapai sekira Rp250 miliar. Tapi pemerintah harus mencari opsi pengganti,agar penerimaan pajak ini bisa terus optimal,”tutur Yustinus saat dihubungi Okezone, Jakarta, Rabu (9/9/2015).

Sekedar informasi, Sebelumnya, Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggratiskan biaya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) apabila tagihannya di bawah Rp1 miliar. Menurutnya kebijakan ini dilakukan agar Pemprov DKI dapat memberi keadilan bagi seluruh warga yang hidup dengan ekonomi kelas menengah ke bawah.

“PBB kita sudah siapkan itu, tinggal pergub. Jadi, kita pikir ini ekonomi begitu susah. Kita bantu orang yang betul-betul tapi adil. Tugas kami mengadministrasi keadilan sosial. Jadi, siapa pun orang yang tinggal di rusun atau rumahnya berharga Rp1 miliar ke bawah tidak perlu bayar PBB, nol!” ujar Ahok.

(rzy)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me