Kenaikan Harga Properti Mewah Jakarta Tertinggi Kedua di Asia Pasifik

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pertumbuhan harga properti residensial mewah di Jakarta menempati ranking kedua untuk kota-kota di kawasan Asia Pasifik. Hingga kuartal kedua 2015, peningkatan harga properti mewah di Jakarta mencapai 4,2 persen dengan pertumbuhan nilai jual secara tahunan mencapai 10,4 persen.

ilustrasi

ilustrasi

Menurut Vivin Harsanto, Head of Advisory JLL Indonesia, sebuah perusahaan konsultan dan manajemen properti, pertumbuhan harga properti mewah di Indonesia sangat bagus dibandingkan Singapura dan Kuala Lumpur yang mengalami tren perlambatan.

“Jakarta hanya dikalahkan oleh Manila, satu-satunya kota yang juga mengalami kenaikan harga sangat signifikan. Ibukota Filipina itu mencatatkan kenaikan nilai jual 4,5 persen per triwulan dan mencapai 14,5 persen secara tahunan,” ujarnya dalam publikasi yang diterima housing-estate.com di Jakarta, Rabu (9/9).

Sementara kenaikan nilai jual properti mewah di Singapura terkoreksi hingga 2 persen dibandingkan triwulan sebelumnya. Bahkan dibandingkan dengan kuartal kedua 2014, penurunan di Singapura mencapai 8,9 persen. Vivin menyebut kenaikan nilai jual di Jakarta didorong oleh permintaan yang masih cukup tinggi sehingga dengan kondisi perekonomian nasional yang menurun namun kebutuhan residensial masih sangat tinggi.

“Total ada suplai sebanyak 100.520 unit apartemen di Jakarta dan sebanyak 10-15 persen merupakan apartemen mewah di atas Rp40 juta/m2. Dengan porsi sekecil ini kelak kalau pasar properti untuk orang asing dibuka dampaknya tidak akan terlalu signifikan karena pasar yang besar ada di segmen menengah,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me