Berisi 40 Sensor, Rumah Aksioma Hemat Energi 90 Persen

Big Banner

KOMPAS.com – Rumah Aksioma atau Aksioma House adalah rumah yang sangat efisien, beroperasi dengan energi  terbarukan, serta cerdas. Rumah ini menangani “sendiri” segala sesuatu mulai dari pencahayaan, keamanan, hingga pemotongan rumput.

“Kami melihat ini sebagai kesempatan untuk mendefinisikan kembali tentang apa itu rumah Amerika, dan menghubungkan gaya hidup yang lebih fokus melakukan hal-hal besar,” ujar Andrew Dickson, salah seorang pendiri Designs Acre, yang menciptakan rumah baru.

Seluas 1.800 kaki persegi atau 167 meter persegi, Aksioma House menghabiskan biaya sekitar 220.000 dollar AS atau Rp 3,2 miliar (kurs Rp 14.700 per dollar) tidak termasuk tanah. Nilai ini jauh lebih kecil dari kebanyakan rumah yang dirancang arsitek kebanyakan.

Desainer bahkan membandingkannya dengan membeli mobil. Konsumen bisa memilih beberapa fitur, tapi tata letak dasarnya sama, sehingga dapat diproduksi secara massal.

Desain yang hati-hati dan komponen material siap bangun, mengurangi limbah konstruksi saat pembangunan. Hal ini juga membuat rumah lebih cepat dibangun. Panel pra-rekayasa yang membentuk dinding, menjadikannya lebih cepat hingga kurang dari setengah waktu dibandingkan rumah biasanya.

Sebanyak empat puluh sensor memantau hal-hal seperti cuaca, suhu, dan hunian, dan secara otomatis menyesuaikan nuansa jendela dan pemanas. Prototipe pertama akan dibangun di Kansas City.

Dengan begitu, tenaga kerja juga lebih sedikit, membuat produk akhir yang terjangkau. Rumah ini bahkan lebih murah daripada rumah prefabrikasi yang juga bertujuan untuk keterjangkauan. “Dengan manufaktur modern, kita bisa memiliki rumah yang cepat, baik, dan murah,” kata Acre.

Sebanyak empat puluh sensor memantau hal-hal seperti cuaca, suhu, dan hunian, dan secara otomatis menyesuaikan nuansa jendela dan pemanas. Prototipe pertama akan dibangun di Kansas City.

Pintu super efisien, jendela, dan peralatan, bersama dengan tata letak yang memanfaatkan pemanasan dan pendinginan dari matahari dan bayangan. Rumah ini juga ditutupi dengan panel surya. Sebuah grid pipa dibangun di tanah di bawah lantai yang memberikan panas. Bisa dikatakan, rumah ini menghemat energi sampai 90 persen dari rumah standar.

 

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me