Jokowi Tekankan Pentingnya Membangun Ruang Publik

Big Banner

Hari Habitat Dunia (HHD) tahun ini mengusung tema “Ruang Publik untuk Semua”. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan HHD jangan hanya sebatas seremonial saja, tetapi ia mengajak pemerintah dan masyarakat bekerja mewujudkan ruang publik yang dapat dinikmati bersama guna mempengaruhi kualitas hidup masyarakat. 

“Saya meyakini bahwa kualitas ruang publik akan mempengaruhi kualitas manusia yang ada dikota/kabupaten itu, jadi membangun ruang publik yang berkualitas sama artinya dengan membangun manusia yang hidupnya berkualitas,” ujar Jokowi, seperti informasi yang diterima Rumahku.com

Jokowi menambahkan, ruang publik bukan sekadar ruang terbuka, tetapi sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat. Seperti alun-alun kota sebagai tempat warga bertemu dan di desa biasanya ada tempat bagi warga berkumpul dan bermusyawarah. 

Selain itu, ruang publik juga berkaitan dengan keberadaan trotoar, lapangan, citywalk, public space yang dapat digunakan bersama-sama sehingga semua pihak wajib menumbuhkan rasa memiliki dan keinginan untuk menjaganya agar tetap terawat dengan baik karena ruang publik akan bermanfaat sebagai tempat bersosialisasi masyarakat. 

“Saya membayangkan kalau di setiap kota ada ruang-ruang terbuka, ada ruang publik hijau, ada trotoar yang lebar, ada city walk yang panjang kemudian di kanan kiri ada pepohonan yang hijau sehingga masyarakat kita menjadi masyarakat yang senang dan gemar berjalan kaki, untuk saling berinteraksi di ruang publik itu,” tandasnya.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me