Memperdalam Sumur Bukan Solusi yang Tepat

Big Banner
Pengeboran sumurPengeboran sumur

Propertinet.com – Banyak pepohonan meranggas dan tanah menjadi gersang akibat panjangnya kemarau pada tahun ini. Banyak juga sumur yang mengering, sehingga tidak sedikit warga yang memperdalam sumur agar bisa mendapatkan sumber air.

Namun pendalaman sumur bukan cara bagus untuk mendapatkan air. Memperdalam sumur merupakan cara gampang yang dalam jangka panjang justru merusak lingkungan. Air yang tersedot ke permukaan akan semakin banyak, sementara gerakan untuk menghemat atau “menabung” air ke dalam tanah sangat kurang.

Ini namanya SDM, selamatkan diri masing-masing. Tidak mau menghemat air tapi menyedot terus. Persoalan lingkungan itu kalau diselesaikan dengan cepat hasilnya akan cepat juga, tapi kalau didiamkan nantinya akan terjadi bencana lebih besar.

           Baca Juga!

 

Setiap keluarga mulai melakukan aksi kecil sederhana untuk menghemat dan memaksimalkan penggunaan air. Jangan lagi menggunakan air dengan boros. Air bekas cucian beras, sayur sebaiknya ditampung dan digunakan untuk menyiram tanaman atau jalan agar tidak gersang. Jangan menyiram dari kran karena air tersebut bisa digunakan untuk masak dan mandi.

Cara-cara berhemat air seperti itu harus  diajarkan di keluarga selain ajakan untuk menanam pohon. Ada dua fungsi penting pohon, yaitu memberikan keteduhan untuk lingkungan dan menyimpan air di musim hujan. Dengan adanya pohon persediaan air tanah  tidak cepat kering.

propertinet.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me