Aneka Bahan Table Top

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Selain kabinet untuk menaruh barang, tabletop adalah bagian penting lain pada kitchen set. Di sini segala aktivitas bertumpu, mulai dari menyiapkan, memasak hingga menyajikan makanan. Tingkat intensitas kerja di dapur menentukan pilihan material tabletop yang tepat. Semakin tinggi dan berat aktivitas di dapur, makin kuat material tabletop yang harus dipilih.
aneka-bahan-table-top
Di kitchen set tabletop terpasang di atas kabinet bagian bawah. Rangka dan bahan utama kabinet menjadi penyangga tabletop. Lebar tabletop bila disesuaikan dengan lebar standar jenis material tertentu yang bisa mencapai 80 cm. Sedangkan panjangnya disesuaikan dengan luas ruangan. Menurut Danniel S Gunawan dari PT Graha Sinar Inti Abadi, produsen material tabletop dari solid surface bermerek 3S, sebelum menentukan jenis tabletop sebaiknya rinci dulu aktivitas yang akan dilakukan di dapur.

“Apakah sering atau jarang memasak, atau apakah dapur sering atau jarang dipakai dalam memasak dan menyiapkan makanan,” katanya. Berdasarkan hal itu baru tentukan material tabletop yang akan dipakai. Material tabletop beragam mulai dari kayu solid, multipleks, stainless steel, keramik, marmer, granit sampai solid surface. Masing-masing memiliki kelemahan dan keunggulan.

Kayu Solid dan Multipleks

Kayu solid adalah material terbaik untuk tabletop karena kuat dan tahan lama. Seratseratnya juga menambah estetika kitchen set. Namun karena saat ini sulit didapat atau sangat mahal harganya, kayu solid tidak banyak dilirik. Sebagai pengganti kita bisa digunakan kayu lapis seperti multipleks, MDF (medium density fiber) dan particle board. Bahan-bahan ini juga cukup kuat karena disusun melintang dari beberapa lapis kayu. Kelemahannya mudah menyerap air. Untuk menyiasatinya bisa digunakan finishing seperti teakwood, melamik atau cat duco sebagai pelapis.

Teakwood merupakan papan tipis dari kayu jati yang cukup kuat menahan beban dan panas tapi mudah tergores. Sementara melamik yang diaplikasikan dengan sistem semprot memungkinkan urat kayu pada meja tetap terlihat. Tapi melamik juga tidak anti gores. Bahkan menyisakan bekas jika terkena puntung rokok. Finishing yang paling tahan air dan gores, juga mudah dibersihkan, adalah cat duco yang juga memakai sistem semprot. Kelemahannya urat-urat kayu pada multipleks jadi tidak terlihat. Harganya juga mahal. Selain itu karena melamik dan cat duco mengandung bahan kimia tertentu, meletakkan bahan makanan langsung di atasnya bisa berbahaya terhadap kesehatan.

Tabletop dari stainless steel memang tampil elegan dan futuristik, tapi harus ekstra hati-hati dalam menggunakannya

Tabletop dari stainless steel memang tampil elegan dan futuristik, tapi harus ekstra hati-hati dalam menggunakannya

Segera bersihkan meja marmer tiap habis dipakai agar air dan noda tidak terserap.

Segera bersihkan meja marmer tiap habis dipakai agar air dan noda tidak terserap.

Keramik

Material ini paling populer digunakan sebagai tabletop. Meski kebanyakan yang dipakai warna polos, banyaknya pilihan warna menjadi kelebihan lain keramik. Ukuran yang biasa dipakai 25 x 25. Harganya pun relatif terjangkau. Di pasaran keramik dengan kualitas bagus (KW 1) seukuran itu dijual mulai dari Rp70 ribu/ boks. Minusnya adanya nat atau celah antar keramik yang menyebabkan sisa makanan mudah masuk ke dalamnya dan sulit dibersihkan. Meja dapur menjadi kotor, mengundang bakteri dan jamur.

Stainless Steel

Mungkin agak ganjil menggunakan stainless steel sebagai pelapis meja dapur. Namun bagi dapur bergaya modern, stainless steel adalah ornamen yang eye catching. Warnanya yang mengilap sangat cocok untuk desain dapur modern futuristik. Tampilannya yang licin dan tidak berpori juga membuatnya mudah dibersihkan. Kelemahan material ini mudah bengkok sehingga perlu hati-hati jika memotong sesuatu di atasnya. Hindari juga menaruh perlengkapan masak berat.

Marmer

Untuk aktivitas dapur berat dengan intensitas tinggi seperti sering memotong daging, membuat kue, jangan ragu memilih marmer sebagai tabletop. Marmer adalah batu alam yang permukaannya dingin, halus dan bersih. Warna dan coraknya pun beragam. Tak heran jika proses menggiling adonan tepung kue bisa langsung dikerjakan di atasnya. Marmer kuat, menyerap panas dan dingin serta anti gores. Sayangnya marmer memiliki pori cukup besar sehingga mudah menyerap air. Noda kopi, teh jadi sulit dibersihkan. Dalam jangka lama penampilannya juga akan kusam kecuali dipoles ulang secara berkala. Tebalnya antara 1,8 – 2 cm. Di pasaran bisa dijumpai marmer lokal seharga Rp375 ribu – 650 ribu/m2 dan marmer impor antara 55 – 170 dolar AS/m2.

Granit tergolong material favorit untuk meja daput karena terbilang kuat, tahan panas dan dingin serta perawatan mudah.

Granit tergolong material favorit untuk meja daput karena terbilang kuat, tahan panas dan dingin serta perawatan mudah.

Untuk tampilan tabletop rapi yang tanpa sambungan, jangan ragu memilih solid surface. Meja awet dipakai karena materialnya kuat.

Untuk tampilan tabletop rapi yang tanpa sambungan, jangan ragu memilih solid surface. Meja awet dipakai karena materialnya kuat.

Granit

Granit tergolong jenis batu alam yang paling kuat, tahan lama dan tidak gampang tergores. Porinya juga lebih halus dibanding marmer. Masih bisa menyerap cairan tapi tidak sebanyak marmer. “Jika menggunakan granit sebagai tabletop, pastikan selalu kering setiap habis dipakai,” kata F Utami, Marketing Manager PT Emporindo Alam Raya, produsen marmer dan granit. Granit menyediakan banyak corak dan warna dengan ketebalan 2 cm. Ada granit lokal dari Tulungagung dan Citatah, ada juga granit impor dari India, Cina dan Italia. Harganya Rp400 ribuan – Rp2 juta/m2.

Solid Surface

Ini material yang diklaim memiliki spesifikasi paling tinggi dibanding semua material tabletop lain. Kekuatannya bisa disandingkan dengan granit. Solid surface terbuat dari campuran resin akrilik dan polyester. “Dengan bahan baku seperti itu permukaannya sangat rapat, tidak berpori, tahan panas dan dingin,” jelas Danniel. Tapi, solid surface bukan tidak bisa tergores sama sekali. Hanya kalau tergores sangat dalam masih bisa dipoles ulang. Teknologi pembuatannya juga memungkinkan tampilan material ini tanpa sambungan (seamless). Jadi meja lengkung bisa dilapisi solid surface tanpa harus menyambung. Tebalnya antara 8 – 12 mm untuk lebar 60 cm dalam aneka pilihan warna dan corak. Namun harganya paling mahal, Rp1,36 – 1,7 juta/m2.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me