Kerjasama 27 Negara Asia Pasifik Demi Kota Berkelanjutan

Big Banner

JAKARTA, KOMPAS.com – Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat Taufik Widjoyono menutup Habitat III Asia Pacific Regional Meeting di Fairmont, Jakarta, Kamis (22/10/2015).

Acara tersebut merupakan rangkaian ketiga setelah dua acara sebelumnya yaitu Asia Pacific Urban Youth Assembly (APUFY) dan Asia Pacific Urban Forum 6 (APUF 6). Dihadiri oleh delegasi dari 27 negara Asia Pasifik, 150 peserta anak muda Indonesia, dan 150 peserta anak muda perwakilan negara Asia Pasifik.

“Kita bisa menilai pertemuan ini cukup sukses. Terima kasih untuk semua tamu, kelompok-kelompok yang menyiapkan pernyataannya di acara ini,” kata Taufik.

Partisipasi dari peserta merupakan faktor kesuksesan utama acara tersebut. Taufik juga berterima kasih kepada organisasi-organisasi, panitia, serta Sekretaris Jenderal Habitat III Joan Clos yang telah bekerja keras hingga terselenggaranya acara tersebut.

Selama hampir satu minggu sejak 17 Oktober 2015, tambah Taufik, para peserta telah mendiskusikan tantangan dan isu kunci yang menghasilkan kombinasi agenda urban yang baru.

Urbanisasi adalah isu global dan terjadi secara spontan atau tidak direncanakan. Untuk itu, menurut Taufik, semua pihak harus memanfaatkan kesempatan di dalam tantangan urbanisasi untuk meraih kesejahteraan.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO-RODERICK ADRIAN MOZES Kemacetan pada jam pulang kerja di Jalan Gatot Subroto, Kamis (24/7/2014). Puncak arus mudik kendaraan keluar dari Jakarta diperkirakan terjadi pada Jumat malam. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO-RODERICK ADRIAN MOZES

“Proses transformasi manusia adalah mulai dari segi sosial, ekonomi, lingkungan hidup. Dalam menyelesaikan tantangan, rekomendasi yang fokus kepada pengelolaan kepemeimpinan adalah kepada peran pemuda yang aktif. Dengan demikian, kota kita akan inklusif, tahan, dan berkelanjutan,” jelas Taufik.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me