Artis “Gangnam Style” Tersangkut Sengketa Properti

Big Banner

KOMPAS.com – PSY, musisi dan artis Korea Selatan yang beken dengan “Gangnam Style” dikabarkan terlibat masalah kepemilikan properti. Aset propertinya kini dijadikan sebagai kafe dengan nama Takeout Drawing Cafe di sekitar Seoul, ibu kota Korea Selatan.

Sengketa muncul setelah PSY ingin merenovasi propertinya dan membuat kafe tersebut keluar dari sana.

“Pemilik gedung ini, seperti semua orang tahu, adalah PSY. Bagiku, ia bukan pemilik gedung yang baik,” ucap pengusaha kafe Takeout Drawing, Choi Soyeon.

Ucapan itu keluar setelah PSY ingin menyingkirkan bisnis kafe Takeout Drawing dari gedung miliknya. Awalnya, Choi dan dua seniman lainnya menemukan ruang terbuka, yang mereka sebut Takeout Drawing, sebagai sebuah ruang budaya dan galeri seni.

Selama 10 tahun, gedung tersebut berpindah kepemilikan selama dua kali, dan pemilik yang sekarang adalah PSY. Menurut pengacaranya, PSY ingin merenovasi gedung dan “mengusir” pemilik kafe Takeout Drawing.

Di dalam kafenya sendiri terdapat sebuah bar kopi dan beberapa tempat duduk membentuk perimeter. Membentang di tengah ruangan terdapat buku-buku langka dari banyak penerbit Korea yang terjajar rapi di beberapa rak. Hal tersebut sangat berbeda dengan kafe lainnya seperti Starbucks.

“Aku juga menyukai Strabucks, tapi akan lebih bagus jika memiliki kafe dengan tipe berbeda yang bisa memanfaatkan ruang seperti kami,” kata Choi.

www.designboom.com Gedung “Gangnam Style” di Chungha, Korea Selatan, ini diperbarui dengan mengganti tampilan “kulit luar”-nya dengan LED warna warni.

Choi melanjutkan bahwa kemunculan ide membuat jaringan massal kafe adalah karena pemiliknya ingin Takeout Drawing populer dan menjadikannya bisnis waralaba.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me