Pemerintah Perlu Lebih Tanggap Genjot Sektor Properti

Big Banner

Propertinet.com – Untuk menggenjot sektor properti yang sedang terpuruk, pemerintah perlu melakukan pembenahan. Penjualan properti di Jakarta, Banten dan Jawa Barat rata-rata mengalami penurunan sebesar 60%. Artinya, sampai kuartal III/2015 omset pengembang tidak mencapai 50% dari target penjualan tahunan.

Oleh karena itu, asosiasi mendesak pemerintah untuk menempuh terobosan kebijakan untuk memperbaiki iklim bisnis properti. Seperti diketahui sektor properti berdampak langsung terhadap 174 sektor industri lainnya dan berhubungan erat dengan pertumbuhan perekonomian nasional.

Asosiasi perusahaan real estate Indonesia (REI), seperti yang diungkapkan Ketua DPD REI Banten Soelaeman Soemawinata, mengajukan empat poin usulan kepada pemerintah dan regulator untuk mendongkrak bisnis properti. Pertama, melakukan islah atau penundaan pajak, terutama instrumen pajak pertambahan nilai (PPN) yang masih diperdebatkan.

Kedua, adanya penyederhanaan perizinan pembangunan rumah. Saat ini rencana 42 tahapan perizinan menjadi hanya 8 tahapan sudah dibahas Kementerian Dalam Negeri dan menunggu perangkat Instruksi Presiden (Inpres) sebagai payung hukum.

“Kami berharap ini segera terealisasi dan mampu dilaksanakan di masing-masing daerah,” tuturnya di sela acara diskusi Membangkitkan Industri Properti di Tengah Kelesuan Ekonomi.
Selanjutnya, ketiga, khusus untuk rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) atau hunian bersubsidi pemerintah perlu turut menyediakan lahan. Masalah yang terjadi di lapangan ialah pertumbuhan harga tanah selalu lebih cepat dibandingkan plafon standar nilai jual.

Oleh karena itu, bila pemerintah ingin menjaga harga rumah subsidi tetap stabil di setiap daerah, wajib adanya instrumen pengendali harga tanah.

Keempat, kebijakan kredit pemilikan rumah (KPR) secara Inden memerlukan pelonggaran agar arus kas perusahaan pengembang terjaga dan secara konsisten sanggup menggenjot kebutuhan suplai hunian.

propertinet.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me