Singkirkan 6 Benda Ini dari Kamar Mandi

Big Banner

KOMPAS.com – Kamar mandi merupakan ruang yang digunakan untuk aktivitas membersihkan diri. Umumnya, kamar mandi berisi toilet dan keran.

Seiring berjalannya waktu, banyak peralatan atau perabotan yang ditempatkan di kamar mandi, baik untuk hiasan maupun kebutuhan, misalnya tanaman kecil dan wastafel.

Meski demikian, perlu Anda ingat bahwa ada beberapa barang yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kamar mandi. Berikut ulasannya.

1. Riasan

Perlengkapan tata rias atau make up merupakan bagian yang sulit dilepaskan dari wanita. Sedangkan kamar mandi adalah tempat yang sempurna untuk mengaplikasikannya, apalagi jika terdapat cermin yang besar beserta wastafel.

Sebenarnya, sah-sah saja memakai riasan di kamar mandi. Masalah baru akan timbul saat Anda menyimpan riasan di dalamnya.

Riasan harus disimpan dengan suhu ruangan normal yakni 20-25 derajat Celcius. Suhu kamar mandi sendiri seringkali berubah saat digunakan seseorang untuk mandi. Sebaiknya, simpan riasan di kamar tidur atau ruangan lainnya dengan suhu normal.

2. Obat-obatan

Sudah umum jika menemukan adanya kabinet khusus obat-obatan di kamar mandi. Biasanya pintu kabinet ini dipasangi cermin dan diletakkan di atas wastafel.

Namun ternyata, menyimpan obat di kamar mandi sangat tidak disarankan. Pasalnya, seperti riasan, obat harus dijauhkan dari ruangan yang lembab dan diletakkan di suhu ruangan normal. Jika tidak disimpan di ruangan yang sejuk dan kering, obat-obatan ini akan kehilangan efektivitasnya.

3. Barang elektronik yang tidak tahan air

Mendengarkan lagu saat mandi memang sangat menyenangkan. Tetapi, Anda harus menghentikan kebiasaan tersebut. Jauhkan iPod atau radio Anda dari kamar mandi. Kelembaban yang tinggi dapat membuat barang-barang Anda rentan rusak.

4. Pisau cukur cadangan

Tentu saja tidak ada tempat yang lebih baik untuk mencukur rambut, kecuali di kamar mandi. Namun, jangan sampai mata pisau Anda rusak sebelum Anda memakainya.

Simpan pisau cukur cadangan Anda di luar kamar mandi untuk menghindarkannya dari uap dan kelembaban. Dengan demikian, pisau cukur tersebut tidak cepat tumpul dan berkarat.

Mengeringkan pisau cukur yang sedang Anda gunakan sebelum dan setelah mencukur juga ide yang bagus. Selain itu, Anda juga bisa menyimpan pisau cukur cadangan di kantong plastik untuk memblokir kelembaban.

5. Perhiasan

Tidak pernah ada orang yang langsung memakai perhiasan segera setelah mandi. Lalu, kenapa harus menyimpan perhiasan di tempat yang lembab?

Lingkungan kamar mandi sangat tidak bersahabat dengan perhiasan dan akan mempercepat proses oksidasi. Hal ini bisa memudarkan warna perhiasan lebih cepat. Simpan perhiasan di ruangan kering dan sejuk.

6. Linen

Kamar mandi adalah salah satu ruangan yang menjadi tempat tungau dan jamur berkembang cepat. Simpan kain linen, misalnya handuk, di luar kamar mandi.

Jika ingin meletakkannya di kamar mandi, sebaiknya Anda memasang exhaust fan. Kipas ini akan membantu udara keluar dari ruangan dan mengeringkan handuk setelah pemakaian.

 

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me