Ahok Akan Campur Aspal Dengan Ban Bekas Agar Jalanan Lebih Awet

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Kualitas jalan di ibukota sekalipun sangat buruk dan mudah rusak ketika musim penghujan datang. Untuk itu Gubernur DKI Jakarta Basuki T. Purnama (Ahok) tertarik untuk mencoba sistem pengaspalann yang ditawarkan oleh Delegasi National African Federated Chamber of Commerce (NAFCOC) Afrika Selatan.

Ilustrasi

Ilustrasi

“Kualitas aspal di Afrika  Selatan sangat baik, di sana jalanannya mulus tanpa lubang. Ini karena mereka mencampur aspalnya dengan ban bekas sehingga bisa lebih lentur dan ketika tergenang air juga tidak mudah rusak. Makanya saya akan mengirim orang Jakarta Propertindo (Jakpro) dan Dinas Marga ke sana,” ujar Ahok di Balaikota, Jumat (23/10).

Dengan mencampur aspal dengan ban bekas efeknya jalanan seperti memiliki buffer sehingga lebih lentur sebagai bahan dasar jalan. Namun Ahok menyebut akan mempelajari dan menguji lebih dalam lagi terkait penggunaan ban bekas untuk bahan aspal ini dan kalaupun jadi tentunya membutuhkan ban bekas yang sangat banyak.

Pihak NAFCOC sendiri sudah menyatakan ketertarikannya untuk membangun jalan di Jakarta tapi sekali lagi harus dipelajari dulu. “Butuh kajian dulu, apa nanti orang yang punya mobil harus nyumbang ban bekas, tapi memang kalau aspal bercampur karet dia mestinya lebih tahan sehingga umur jalan juga bisa lebih lama. Tapi ini masih dipelajari dulu,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me