Pengembangan Rumah Sudut Dua Lantai

Big Banner

Konsultasi

Housing-Estate.com, Jakarta – Saya sangat senang dan tertarik dengan rubrik Rancang Bangun selama berlangganan majalah ini dua tahun belakangan. Setiap edisi yang ditampilkan pada umumnya membahas mengenai rumah/tanah dengan lahan cukup luas. Untuk itu perkenankan kami dapat melayangkan sebuah pertanyaan yang kiranya dapat diberikan saran terkait dengan rumah tipikal kecil. Rumah berada di kompleks dengan kavling standar berukuran 6 x 12 m2, namun rumah kami berada disudut/hoek dengan total tanah lebih 35 meter.

Kami ingin mengembangkan rumah berkesan tinggi dengan kamar tidur 3 + 1. Untuk interior ruangan kami ingin ada sekat antara ruang tamu dan ruang keluarga/makan. Kamar mandi cukup dua unit, tapi kami ingin tetap ada taman di sekeliling rumah. Mohon kiranya dapat diberikan masukan atas layout yang sesuai dengan kondisi lahan. Salam rancang bangun!

Adhiet, melalui e-mail

Solusi Desain

Terimakasih sekali atas kepercayaan Pak Adhiet dengan rubrik asuhan kami. Pengembangan rumah kami buat menjadi dua tingkat dengan mempertahankan denah di lantai dasar pada luasan 6 x 12. Tambahan lahan sudut dapat tetap dimanfaatkan sebagai ruang terbuka hijau.

Artikel_96_Rancang-Bangun_Pengembangan-Rumah-Sudut-Dua-Lantai_0471202

Sesuai kondisi lahan yang dimiliki berada di sudut (hoek), tentu dapat kita optimalkan desain fasad yang memiliki dua sisi, sehingga hunian bisa tampak lebih luas. Fasad kami buat dengan tema modern tropis dengan atap miring ke satu arah yang ditujukan untuk mengesankan pandangan massa bangunan terlihat tinggi.

Salah satu sisi bawah atap ditopang dengan tiang miring yang fungsional dan menambah estetika. Tekstur dinding fasad dihadirkan dengan bata ekspos berpadu dinding beton kasar berwarna abu-abu yang diberi garis-garis horizontal. Pagar rumah dirancang dengan susunan kisi-kisi seperti anyaman sehingga rumah lebih berkarakter dan dinamis.

Untuk interior ruang supaya lebih terasa luas kami sarankan untuk membuat tinggi plafon dari lantai minimal 3,5 m. Optimalisasi cahaya alami matahari kami coba hantarkan melalui desain bukaan jendela yang terdapat di setiap ruangan. Khusus ke area teras digunakan pintu geser kaca yang menembuskan pandangan ke luar. Untuk menjaga privasi, dipasang sebuah bidang non-masif yang dapat ditumbuhi tanaman rambat, agar pemandangan dari arah dalam terlihat hijau dan asri.

Lantai 1

Artikel_96_Rancang-Bangun_Pengembangan-Rumah-Sudut-Dua-Lantai_5471202

Carport yang memuat satu mobil diberi naungan atap beton dengan variasi kisi-kisi dari material transparan di bagian tengah untuk pencahayaan. Material bisa dipakai fiberglass atau kaca tempered. Pintu masuk utama terdiri dari dua daun mengantarkan ke ruang tamu yang bersekat dengan ruang duduk di belakangnya. Kami rancangkan sekat bermaterial kisi-kisi kayu yang disusun serupa pagar rumah. Pembatas visual ini tidak masif agar memberi efek dekoratif. Sebuah kamar tidur untuk tamu diletakkan di sebelah ruang tamu dan tangga ke lantai atas. Toilet tamu terletak di bawah tangga. Ruang duduk menyatu dengan ruang makan dan dapur di bagian ujung. Dapur mungil memiliki akses langsung ke tangga putar yang menuju ke area servis di lantai dua. Dari ruang makan dan duduk kita dapat mengakses teras samping yang menghadap ke taman samping dengan pembatas pintu geser kaca. Taman sekeliling rumah yang asri dapat menjadi area santai yang nyaman dan menyenangkan.

Lantai 2

Artikel_96_Rancang-Bangun_Pengembangan-Rumah-Sudut-Dua-Lantai_4471202

Di lantai dua ruangan difokuskan untuk menempatkan kamar tidur. Kamar tidur utama diletakkan di bagian depan lengkap dengan area wardrobe tanpa kamar mandi dalam. Kamar tidur anak ditempatkan di sebelah kamar mandi yang memiliki jendela langsung ke arah luar. Di lantai dua ini masih bisa disediakan sebuah ruang berkumpul di samping tangga. Area servis terdiri dari kamar tidur pembantu, ruang mandi cuci dan toilet, serta ruang jemur dan setrika berada di bagian belakang.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me