Pengembang  Ragu Kelangsungan Program Sejuta Rumah

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Program sejuta rumah yang dicanangkan Presiden Jokowi akhir April 2015 lalu membuat industri properti khususnya untuk kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) lebih bergairah. Untuk mendorong program ini pemerintah banyak memberikan insentif dan kemudahan baik kepada konsumen maupun pengembang.

Ilustrasi : Pembangunan rumah murah

Ilustrasi

Tapi kalangan pengembang meragukan kelangsungan program ini. Ketua  DPD Realestat Indonesia (REI) Banten, Soelaeman Soemawinata, menyatakan ketersediaan lahan menjadi tantangan terbesar pembangunan rumah murah. Sayangnya soal ini justru kurang mendapat perhatian pemerintah.  “Saya mengkhawatirkan sustainability dari program sejuta rumah apakah bisa terjamin dengan harga lahan dan bangunan yang terus beranjak naik. Hingga saat ini belum ada blue print mengenai jaminan ketersediaan lahan atau pun persoalan teknis lainnya terkait alokasi subsidi, perizinan, infrastruktur, listrik, dan air,” ujarnya kepada housing-estate.com di Jakarta, Senin (26/10).

Keberlangsungan terhadap program ini penting karena pengembang rumah sederhana menggunakan modal sendiri. Subsidi yang diberikan pemerintah lebih ditujukan untuk membantu masyarakat, bukan untuk kalangan pengembang. Ia mengingatkan agar program sejuta rumah tidak menjadi masalah di kemudian hari. Karena itu pemerintah harus mengatur  dengan baik, mengeluarkan regulasi yang mendukung industri ini agar bisa maju. Peringatan ini disampaikan agar pengembang tidak disalahkan seandainya program sejuta rumah terkendala masalah-masalah tadi.

Soelaeman tidak keberatan pengembang anggota REI disebut suka mengeluh tentang masalah-masalah yang dihadapi. Selama pemerintah belum dapat menciptakan kondisi bisnis yang kondusif pihaknya akan terus menyuarakannya. “Jadi nggak apa-apa kalau kami disebut sering menyanyikan lagu lama. Rasanya, menyanyikan lagu wajib seperti ini (menyuarakan keluhan) masih lebih sopan ketimbang kami harus demo,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me